Main Article Content

Abstract

Jurusan akuntansi sampai saat ini masih menjadi jurusan favorit yang diinginkan banyak orang, namun Indonesia dinilai kekurangan jumlah akuntan publik. Penelitian ini akan meneliti faktor yang membuat mahasiswa jurusan akuntansi di Yogyakarta berminat terhadap profesi akuntan publik. Penelitian ini menggunakan variabel lingkungan kerja, parental influence, pertimbangan pasar kerja, dan self efficacy dan menguji pengaruhnya terhadap variabel dependen minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik. Penelitian dilakukan dengan bantuan aplikasi komputer SPSS Statistic 21 dan analisis penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dalam pengujian hipotesisnya. Dari hasil 110 responden menunjukkan bahwa lingkungan kerja, parental influence, pertimbangan pasar kerja, dan self efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik.


 


Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Parental Influence, Pertimbangan Pasar Kerja, Self Efficacy, Minat Profesi Akuntan Publik.

Keywords

Pertimbangan Pasar Kerja Self Efficacy Minat Profesi Akuntan Publik Lingkungan Kerja Parental Influence

Article Details

How to Cite
Deo Kevy Islamay Febriansyah, & Arif Fajar Wibisono. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 14(02). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol14.iss2.art2