Main Article Content

Abstract

Bangunan hunian vertikal seperti bangunan gedung Rusunawa merupakan bangunan hunian vertikal yang dibangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Rusunawa sebagai bangunan publik harus andal dan laik, sehingga kepuasan pengguna atau penghuni bangunan dapat tercapai. Sesuai Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2005 yaitu bangunan gedung harus memenuhi persyaratan secara administrasi dan teknis sehingga gedung laik fungsi. Laik fungsi bangunan dapat diukur dengan menilai keandalan disetiap masing-masing komponen bangunan gedung rusun. Selain itu kelaikan bangunan dapat menjadi faktor yang berhubungan dengan kepuasan penghuni bangunan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek komponen bangunan yang dominan dalam tingkat kelaikan bangunan hunian vertikal dan mengetahui hubungan tingkat kepuasan penghuni bangunan dengan tingkat kelaikan bangunan hunian vertikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data untuk penilaian kelaikan bangunan gedung menggunakan form daftar simak SLF dengan. Sedangkan pengumpulan data tingkat kepuasan penghuni bangunan menggunakan form kuisioner dengan melakukan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen bangunan yang dominan dalam mempengaruhi kelaikan bangunan hunian vertikal yaitu komponen Mekanikal. Adapun indikator-indikator masing-masing komponen bangunan yang dominan mempengaruhi kelaikan bangunan dalam komponen Arsitektural adalah dinding dalam dan dinding luar, dalam komponen Mekanikal adalah urinoir, dalam komponen Elektrikal adalah tata suara, dalam Tata Ruang Luar adalah penerangan luar, sedangkan dalam komponen struktural tidak mempengaruhi kelaikan bangunan karena sudah sangat baik dalam kelaikan bangunan hunian vertikal. Sedangkan tingkat kelaikan bangunan hunian vertikal berhubungan erat dengan tingkat kepuasan penghuni bangunan.

Kata Kunci: kelaikan bangunan, kepuasan penghuni, bangunan hunian vertikal

Article Details

How to Cite
Akhyar Rasyid, Y. (2019). ANALISIS LAIK FUNGSI BANGUNAN HUNIAN VERTIKAL (Studi Kasus: Gedung Rusunawa Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Teknisia, 23(2), 516–525. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/teknisia/article/view/11208