Main Article Content

Abstract

Jembatan rangka baja tipe Calendar Hamilton (CH) dengan pelat lantai beton mempunyai berat sendiri lantai yang cukup dominan daripada lantai dengan struktur baja. Pada penelitian ini diaplikasikan sistem Orthotropic Steel Deck (OSD) sebagai pengganti lantai beton untuk perbaikan jembatan. Sebagai studi kasus adalah jembatan CH dengan bentang 104 m di Keduwang, Imogiri. Tujuan penelitian ini adalah melakukan desain OSD dengan ribs penampang V dengan mempertimbangkan kekuatan fatigue dan menghitung nilai Rating Factor (RF) rangka utama sebelum dan sesudah redecking untuk mendapatkan nilai kapasitas sisa jembatan. Metode yang digunakan yaitu memodelkan pelat OSD dengan menggunakan software ABAQUS untuk mendapatkan dimensi ribs dan pelat yang optimal dari segi berat, dengan batasan strength stress fatigue limit sesuai AASHTO. Selanjutnya, pemodelan jembatan secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan software SAP2000 untuk mengetahui gaya-gaya dalam pada jembatan dan menghitung rating factor (RF). Dari hasil pemodelan ABAQUS didapat 10 variasi pelat OSD yang optimal untuk 3 variasi LHR yaitu 1000, 2000, dan 3000 dan 5 variasi umur rencana yaitu 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, 40 tahun, dan 50 tahun. Dari hasil pemodelan SAP2000 dan analisis diketahui bahwa jembatan dengan pelat OSD memiliki nilai rating factor lebih besar daripada jembatan dengan pelat beton. Nilai rating factor terkecil didapat dari elemen stringer untuk semua variasi jembatan dan nilainya dibawah 1,0.

Article Details

References

  1. AASHTO LRFD Bridge Design Specifications. 2012. United State: Customary U.S. Units
  2. BSN. 2005. SNI T 03-2005 Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional
  3. Design Manual for Orthotropic Steel Plate Deck Bridge. 1963. American Institute of Steel Construction, Inc
  4. DPU. 2011. Pedoman Penentuan Nilai Sisa Kapasitas Jembatan. Direktorat Jenderal Bina Marga
  5. Feng, X. 1996. 3D Finite Element Analysis of An Orthotropic Deck System. Lehigh University: Civil Engineering
  6. Kato. 2013. Local Stress Behavior At Closed Rib To Crossbeam Connections In Orthotropic Steel Bridge Deck. Japan: Department of Civil Engineering, Nagoya University
  7. Liao, J. 2011. Fatigue Damage in the Orthotropic Steel Deck with Respect to the Trough-to-Deck Plate Joint in Between the Crossbeams. Delft University of Technology: Faculty of Civil Engineering and Geosciences
  8. Manual for Design, Construction, and Maintenance of Orthotropic Steel Deck Bridge. 2012. United State: Department of Transportation Federal Highway Administration
  9. Yarnold, M. 2005. Trapezoidal Rib Orthotropic Bridge Deck Parametric Analysis. Lehigh University: Civil Engineering