Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terhadap identitas demografi dan faktor pemilihan program studi di Fakultas Ilmu Agam Islam Universitas Islam Indonesia bagi mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Sekitar 610 dari 990 mahasiswa telah mengisi kuisioner ini. Hasil dari penelitian ini faktor dalam pemilihan program studi tidak hanya temuat dalam faktor internal dan eksternal. Melainkan dari demografi mahasiswa dimana faktor letak geografis juga berpengaruh. Data ini menunjukkan ada kesamaan dalam asal mahsiswa, sekolah dan letak FIAI. Data ini menghasilkan bahwa ada suatu emosi terkait lingkungan dalam pemilihan. Selain itu dalam faktor pemilihan program studi dibagi menjadi 4 yaitu alasan pemilihan lanjut kuliah, Fakultas, dan program studi. Faktor lanjut kuliah didominasi dengan dorongan orang tua. Pemilihan fakultas rata-rata karena sesuai dengan minat. Sedangkan pemilihan prodi karena akreditas. Serta pendukung lain seperti waktu memilih yang kebanyakan setelah pengumuman PTN dan sumber informasi dari keluarga dan website.

Keywords

Analisis Demografi Faktor Pemilihan Prodi Calon dan Mahasiswa FIAI UII

Article Details

References

  1. Anderson, Peter. 2010. Perspectives: Policy and Practice in Higher Education. Perspectives, Volume 3, Number 4, Winter 1999
  2. Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
  3. Wayne, D. Hoyer and Deborah J. Maclnnis. 2009. Consumer Behavior, fifth edition. South Western
  4. Y. Andriansyah, dkk. (2017). Students’ college choice in the Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Indonesia. Trends and Issues in Interdisciplinary Behavior and Social Science – Lumban Gaol et al. (Eds) © Taylor & Francis Group, London, ISBN 978-1-138-03516-4.