Main Article Content

Abstract

Brand image perlu dimiliki oleh perguruan tinggi yang menyangkut reputasi universitas dalam memberikan pelayanan dan fasilitas kepada mahasiswanya. Terutama Fakultas Ilmu Agama Islam yang merupakan salah satu fakultas tertua dan juga merupakan satu-satunya fakultas keislaman di Universitas Islam Indonesia. Dengan demikian, perspektif mahasiswa terhadap brand image fakultasnya menjadi faktor penting untuk meningkatkan reputasi fakultas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap brand image Fakultas Ilmu Agama Islam. Melalui identifikasi brand image fakultas dalam perspektif mahasiswa dapat mempengaruhi citra dan nama baik fakultas pada khususnya dan universitas pada umumnya melalui 5 variabel (nilai utilitas, nilai hedonis, nilai hubungan, kualitas hubungan merek, dan resonansi merek). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey menggunakan google form. Objek wawancara adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor prediktif positif mempengaruhi perspektif mahasiswa terhadap brand image Fakultas Ilmu Agama Islam.

Keywords

brand image perspektif mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam

Article Details

References

  1. Ali-choudhury R, Bennett R. University marketing directors ’ views on the components of a university brand. 2009:11-33. doi:10.1007/s12208-008-0021-6
  2. Astuti, D. (2017). Analisis Pengaruh Consumer Attributes, Brand Awareness, dan Brand Image Attributes Terhadap Brand Equity dan Keputusan Memilih Jasa Pendidikan (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bengkalis). 36–51.
  3. Dwiyama, F. (2019). Brand Image: Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. 9(2). 880-882.
  4. Idris, M., Maupa, H., Muis, M., & Pono, M. (2020). Membangun Konsep Brand Religiosity Image dalam Islamic Marketing ( Sintesis Teori dan Penelitian Empiris yang Relevan ). 6(01), 14–21.
  5. Ismanto, J. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi IPWIJA Program S2. XV, 125–143.
  6. Katopo R. Analisa Pengaruh Individual Factor Terhadap Entrepreneur Motivation Mahasiswa Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra Surabaya.2015;3(1):677-685.
  7. Kussudyarsana dan Irawati, Z. (2018). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Origin Terhadap Intensi Pembelian Produk Batik. 32.
  8. Kusumah EP, Yusuf S. Perspektif mahasiswa terhadap kualitas “ branding ” perguruan tinggi. 2020;8(1):24-33.
  9. Manan KA, Mydin H, Kuthoos A. Assessing Corporate Brand Equity of Public Universities Assessing Corporate Brand Equity of Public Universities. 2019;(September). doi:10.17576/JKMJC-2019-3503-17
  10. Masriah, Z., Malay, N., & Fitriani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih Zakiyatul Masriah Prodi Psikologi Islam UIN RIL M . Nursalim Malay Prodi Psikologi Islam UIN RIL Annisa Fitriani Prodi Psikologi Islam UIN RIL Pendahuluan. 1(1), 61–76.
  11. Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. 13(2). 79-87.
  12. Ningsih, D. (2019). Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. 03(1), 55–68.
  13. Rahmawati. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Pelanggan Kangoroo Premiere di Samarinda.
  14. Yusuf, S dan Kusuma, P. E. (2020). Perspektif Mahasiswa Terhadap Kualitas “Branding” Perguruan Tinggi. 8(1). 24-23.
  15. Rosidana, M. (2021). Pengaruh Islamic Branding Dan Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Ayam Bakar KQ5 Ujung Berung.
  16. Sholeh. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan ( Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas ). 14(2).
  17. Suryani, A. N. (2018). Pengaruh Brand Image dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Manajemen Di STIE
  18. Rahmaniyah Sekayu (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013/2014). 1(1), 71–87.