Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan asal sekolah terhadap prestasi akademik maupun non-akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia yang akan dijadikan acuan sebagai strategi pemasaran Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia guna meningkatkan kualitas input mahasiswa ke depannya. Survei ini didasarkan pada penyebaran kuesioner dengan teknik cluster random sampling kepada mahasiswa di tiap program studi Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas latar belakang mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam berasal dari sekolah yang berbasis Islam, selaras dengan mahasiswa berprestasi yang juga didominasi oleh sekolah Islam berbasis pesantren. Prestasi yang ditorehkan mahasiswa dari sekolah Islam berbasis pesantren tidak sebatas pada kategori keislaman, namun juga pada kategori umum. Sedangkan daerah asal mahasiswa berprestasi didominasi oleh Jawa Tengah dan Jawa Timur serta di luar Jawa didominasi oleh Lampung dan Sumatera Utara. Maka, pemasaran FIAI UII direkomendasikan lebih difokuskan pada sekolah Islam berbasis pesantren di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Keywords

Input mahasiswa Prestasi FIAI UII

Article Details

References

  1. Andriani, P, ‘Pengaruh Asal Sekolah Dan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram’, Jurnal Βeta, 3.2 (2010), 118–33 <https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/93/60/>
  2. Annajah, Ulfah, and Nailul Falah, ‘Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta’, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13.2 (2017), 102–15 <https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07>
  3. Hamalik, Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran (Bandung: PT. Bumi Aksara, 2001)
  4. Irmawati, Basilia Ria, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memiih Program Studi’, 2008, 113 <https://repository.usd.ac.id/7787/2/011334094_Full.pdf>
  5. Irwan, ‘Kualitas Input Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar Tahun 2014’
  6. Murdan, Rahmawati dkk, ‘Prestasi Akademik Dan Non Akademik Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Angkatan 2012 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin’, PM IAIN Antasari, 2 (2014)
  7. Pratama, Rahardian Okta, Lindawati Kartika, and Andita Sayekti, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32.2 (2018), 153–63 <https://doi.org/10.21009/pip.322.8>
  8. Rini Warti, Ali Murtadlo, Siti Ambarwati, ‘Faktor Yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa Berdasarkan Kualitas Input Mahasiswa Baru’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 1 (2015)
  9. Shaleh, Mihayati, ‘Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik’, Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4.2 (2016), 109 <https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122>
  10. Shophia, Terry Kurniawati dkk, ‘Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Konsep Diri Akademik Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Negreri Se-Kota Malang’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1 (2016)
  11. ST. Sularto, Inspirasi Kebangsaan Dari Ruang Kelas (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2016)
  12. Ulfa Windi Humaira, Nailia Nurul Hikmah, Rizki Anfanni Fahmi, ‘IDENTIFIKASI DEMOGRAFI DAN FAKTOR PEMILIHAN’, At-Thullab Jurnal, 1 (2019), 71–84