Main Article Content
Abstract
Raden Ajeng Kartini merupakan seorang tokoh pahlawan nasional, yang terkenal dengan sebutan pelopor emansipasi wanita. Terkenal dengan karyanya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Tokoh yang mampu mendobrak perempuan dari pengekangan hukum yang membatasi perempuan untuk berkembang dan maju. Sebagai sosok yang berpengaruh terutama untuk keadilan perempuan, R.A Kartini memiliki nilai-nilai karakter yang patut diteladani oleh para generasi muda. Karakter R.A Kartini memiliki kontribusi yang dapat diterapkan dalam pendidikan islam seperti kurikulum yang fokus pada pendidikan moral dan budi pekerti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dari sosok pahlawan wanita R.A Kartini yang sangat tepat untuk diterapkan di satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan paradigma kualitatif. Tahapan penelitian dimulai dari menelaah, menganalisis dan penyimpulan nilai karekter R.A kartini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai nilai pendidikan karekter R.A kartini di dalam buku habis gelap terbitlah terang yaitu religius, pantang menyerah, suka membaca, peduli, toleransi dan masih banyak lagi. kesimpulan dari penelitian ini yaitu karakter R.A kartini dapat di terapkan dalam dunia pendidikan terutama dalam membentuk karakter peserta didik di zaman sekarang yang serba teknologi ini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Kartini, R A. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cet II. Yogyakarta: Narasi, 2017.
- Kartini, R A, and Pane Armijn. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cetakan ke. Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
- Manijo. “Menggali Pendidikan Karakter Anak ‘Perspektif R.A. Kartini.’” Thufula 1, no. 1 (2013): 42–43.
- Muthoifin, Muthoifin, Mohamad Ali, and Nur Wachidah. “Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Profetika: Jurnal Studi Islam 18, no. 1 (2017): 39.
References
Kartini, R A. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cet II. Yogyakarta: Narasi, 2017.
Kartini, R A, and Pane Armijn. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cetakan ke. Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
Manijo. “Menggali Pendidikan Karakter Anak ‘Perspektif R.A. Kartini.’” Thufula 1, no. 1 (2013): 42–43.
Muthoifin, Muthoifin, Mohamad Ali, and Nur Wachidah. “Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Profetika: Jurnal Studi Islam 18, no. 1 (2017): 39.