NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER R.A KARTINI DALAM BUKU HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

Deivana Ima, Nanda Restu, Syaifulloh Yusuf

Abstract

Raden Ajeng Kartini merupakan seorang tokoh pahlawan nasional, yang terkenal dengan sebutan pelopor emansipasi wanita. Terkenal dengan karyanya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Tokoh yang mampu mendobrak perempuan dari pengekangan hukum yang membatasi perempuan untuk berkembang dan maju. Sebagai sosok yang berpengaruh terutama untuk keadilan perempuan, R.A Kartini memiliki nilai-nilai karakter yang patut diteladani oleh para generasi muda. Karakter R.A Kartini memiliki kontribusi yang dapat diterapkan dalam pendidikan islam seperti kurikulum yang fokus pada pendidikan moral dan budi pekerti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dari sosok pahlawan wanita R.A Kartini yang sangat tepat untuk diterapkan di satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan paradigma kualitatif. Tahapan penelitian dimulai dari menelaah, menganalisis dan penyimpulan nilai karekter R.A kartini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai nilai pendidikan karekter R.A kartini di dalam buku habis gelap terbitlah terang yaitu religius, pantang menyerah, suka membaca, peduli, toleransi dan masih banyak lagi. kesimpulan dari penelitian  ini yaitu karakter R.A kartini dapat di terapkan dalam dunia pendidikan terutama dalam membentuk karakter peserta didik di zaman sekarang yang serba teknologi ini.

Full Text:

PDF

References

Kartini, R A. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cet II. Yogyakarta: Narasi, 2017.

Kartini, R A, and Pane Armijn. Habis Gelap Terbitlah Terang. Cetakan ke. Jakarta: Balai Pustaka, 2009.

Manijo. “Menggali Pendidikan Karakter Anak ‘Perspektif R.A. Kartini.’” Thufula 1, no. 1 (2013): 42–43.

Muthoifin, Muthoifin, Mohamad Ali, and Nur Wachidah. “Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Profetika: Jurnal Studi Islam 18, no. 1 (2017): 39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam