Main Article Content

Abstract

Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi sosok inspiratif dimata generasi muda dimana ia memiliki karakter yang patut diteladani. Penelitian ini merupakan penelitian yang secara garis besar berfokus pada analisis nilai karakter dalam film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai karakter yang terdapat pada Bacharuddin Jusuf Habibie selaku tokoh utama film Rudy Habibie dan bagaimana implementasinya dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan, yang menggunakan paradigma kualitatif. Tahapan penelitian dimulai dari penentuan objek analisis, pengumpulan data-data informasi, pengkajian klasifikasi secara deskriptif, dan penyimpulan mengenai analisis nilai-nilai karakter serta implementasinya dalam dunia pendidikan melalui film tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter Bacharuddin Jusuf Habibie di dalam film ini adalah toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, religius, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial dan lingkungan, serta berprinsip. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai karakter ini sangatlah relevan dengan pendidikan demi membentuk karakter generasi muda yang menjadi penerus bangsa.

Keywords

Pendidikan Karakter B.J. Habibie

Article Details

References

  1. Abdusshomad, Alwazir. 2020. Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama. Vol. 12 No. 02.
  2. Akhmad Busyaeri, Akhmad dan Mumuh, Muharom. Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Jurnal PGMI FITK IAIN.
  3. Amrullah, Silmi, Lidwina Felisima Tae, Feri Indra Irawan, Zulmi Ramdani, dan Bagus Hary Prakoso. 2020. Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol.5 No. 2.
  4. Astuti, Sri.2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian untuk Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 No. 3.
  5. Budiarti Santoso, Meilanny. 2018. BELAJAR: PROSES MEMBANGUN KEMAMPUAN UNTUK MENGENDALIKAN MASA DEPAN DENGAN BAIK. Share Social Work Jurnal. Vol. 05 No. 02.
  6. Cong Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia”, Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 No. 1.
  7. Dalyono, Bambang, dan Enny Dwi Lestariningsih. 2017. IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH, Vol. 03, No. 02.
  8. Dyah Sriwilujeng, Dyah. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Esensi: Penerbit Erlangga.
  9. Haqiqi, Muhammad Irwan, dkk. 2017. Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Peacahan. JPE Vol. 6 No. 2.
  10. Harianja, Joko Krismanto. 2020. Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), Vol.6 No. 1.
  11. Ima Deviana, Nanda Restu, dan Syaifulloh Yusuf. 2021. Nilai-nilai pendidikan karakter R.A Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII at-Thullab. Vol. 2 No. 1.
  12. Nurkholis, M.A, dan Ari, Setiyanto. 2020. Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddi Jusuf Habibie. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.2 No.1.
  13. Sandi, Silvia MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA. JURNAL BACA HARIAN: Jurnal Ar-Raniry.
  14. Solihah, Bahiyyah. 2015. Konsep Cinta Tanah Air Perspektif Ath-Thahthawi dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.