Main Article Content

Abstract

Peran integrasi teknologi dalam pembelajaran modern penting untuk mengasah keterampilan berfikir tingkat tinggi atau akrab dengan istilah HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-learning dalam meningkatkan HOTS mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian mahasiswa strata1 seluruh fakultas Universitas Islam Indonesia. Survei ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan teknik cluster random sampling terhadap 115 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan e-learning terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) mahasiswa Universitas Islam Indonesia. hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan hasil analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS. Adapun besarnya pengaruh e-learning terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) mahasiswa Universitas Islam Indonesia dibuktikan dengan nilai sebesar 0,475 atau 47,5%, sedangkan sisanya 52,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar pembelajaran e-learning.

Keywords

E-Learning HOTS (Higher Order Thinking Skills) Universitas Islam Indonesia

Article Details

References

  1. Brodjonegoro, Bambang, ‘Generasi Muda Harus Siap Memasuki Era RI 4.0’, Menristek_Kepala BRIN, 2020
  2. kartika Chrysti Suryandi, Sajidan, ‘Memberdayakan High Order Thinking Skill (Hots) Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Pada Pembelajaran IPA Bagi Calon Guru Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Riset Pedagogik 3, 3.2 (2019), 183–92
  3. Murni Ramli, ‘Implementasi Riset Dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills Pada Pendidikan Sains’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 19 November, 2015, 6–17 <https://media.neliti.com/media/publications/172168-ID-implementasi-riset-dalam-pengembangan-hi.pdf>
  4. Prasaja, Anggit Hadi, ‘Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tahun 2013 – 2016’ (Universitas Islam Indonesia, 2017) <https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i1.22451>
  5. Prof.Dr.Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 27th edn (Bandung: Alfabeta, 2018)
  6. Rohmadi, Syamsul Huda, ‘Pengembangan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Alquran: Perspektif Psikologi Pendidikan’, Jurnal Psikologi Islam, 5.9 (2018), 27–36 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
  7. Sadikin, Ali, and Nasrul Hakim, ‘Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 .’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5.2 (2019), 131–38
  8. Santi Maudiarti, ‘Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi Santi Maudiarti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti’, PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32.1 (2018), 53–68
  9. Sigit Priatmoko, ‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0’, Ta’lim : Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2018), 1–19
  10. Suhendi, ‘Analisa Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemudahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran’, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2015, 3.5-1-3.5-6
  11. Susanti, Ely, ‘Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP’, Repository.Upi.Edu, 2000, 2014, 6
  12. UII, Direktorat Perpustakaan, ‘Akses E-Journal’, 2012