Main Article Content
Abstract
Peran integrasi teknologi dalam pembelajaran modern penting untuk mengasah keterampilan berfikir tingkat tinggi atau akrab dengan istilah HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-learning dalam meningkatkan HOTS mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian mahasiswa strata1 seluruh fakultas Universitas Islam Indonesia. Survei ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan teknik cluster random sampling terhadap 115 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan e-learning terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) mahasiswa Universitas Islam Indonesia. hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan hasil analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS. Adapun besarnya pengaruh e-learning terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) mahasiswa Universitas Islam Indonesia dibuktikan dengan nilai sebesar 0,475 atau 47,5%, sedangkan sisanya 52,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar pembelajaran e-learning.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Brodjonegoro, Bambang, ‘Generasi Muda Harus Siap Memasuki Era RI 4.0’, Menristek_Kepala BRIN, 2020
- kartika Chrysti Suryandi, Sajidan, ‘Memberdayakan High Order Thinking Skill (Hots) Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Pada Pembelajaran IPA Bagi Calon Guru Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Riset Pedagogik 3, 3.2 (2019), 183–92
- Murni Ramli, ‘Implementasi Riset Dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills Pada Pendidikan Sains’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 19 November, 2015, 6–17 <https://media.neliti.com/media/publications/172168-ID-implementasi-riset-dalam-pengembangan-hi.pdf>
- Prasaja, Anggit Hadi, ‘Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tahun 2013 – 2016’ (Universitas Islam Indonesia, 2017) <https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i1.22451>
- Prof.Dr.Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 27th edn (Bandung: Alfabeta, 2018)
- Rohmadi, Syamsul Huda, ‘Pengembangan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Alquran: Perspektif Psikologi Pendidikan’, Jurnal Psikologi Islam, 5.9 (2018), 27–36 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
- Sadikin, Ali, and Nasrul Hakim, ‘Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 .’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5.2 (2019), 131–38
- Santi Maudiarti, ‘Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi Santi Maudiarti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti’, PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32.1 (2018), 53–68
- Sigit Priatmoko, ‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0’, Ta’lim : Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2018), 1–19
- Suhendi, ‘Analisa Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemudahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran’, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2015, 3.5-1-3.5-6
- Susanti, Ely, ‘Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP’, Repository.Upi.Edu, 2000, 2014, 6
- UII, Direktorat Perpustakaan, ‘Akses E-Journal’, 2012
References
Brodjonegoro, Bambang, ‘Generasi Muda Harus Siap Memasuki Era RI 4.0’, Menristek_Kepala BRIN, 2020
kartika Chrysti Suryandi, Sajidan, ‘Memberdayakan High Order Thinking Skill (Hots) Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Pada Pembelajaran IPA Bagi Calon Guru Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Riset Pedagogik 3, 3.2 (2019), 183–92
Murni Ramli, ‘Implementasi Riset Dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills Pada Pendidikan Sains’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 19 November, 2015, 6–17 <https://media.neliti.com/media/publications/172168-ID-implementasi-riset-dalam-pengembangan-hi.pdf>
Prasaja, Anggit Hadi, ‘Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tahun 2013 – 2016’ (Universitas Islam Indonesia, 2017) <https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i1.22451>
Prof.Dr.Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 27th edn (Bandung: Alfabeta, 2018)
Rohmadi, Syamsul Huda, ‘Pengembangan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Alquran: Perspektif Psikologi Pendidikan’, Jurnal Psikologi Islam, 5.9 (2018), 27–36 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
Sadikin, Ali, and Nasrul Hakim, ‘Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 .’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5.2 (2019), 131–38
Santi Maudiarti, ‘Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi Santi Maudiarti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti’, PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32.1 (2018), 53–68
Sigit Priatmoko, ‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0’, Ta’lim : Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2018), 1–19
Suhendi, ‘Analisa Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemudahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran’, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2015, 3.5-1-3.5-6
Susanti, Ely, ‘Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP’, Repository.Upi.Edu, 2000, 2014, 6
UII, Direktorat Perpustakaan, ‘Akses E-Journal’, 2012