Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasarkan oleh sitem pendidikan TPA yang masih tradisional, sehingga membutuhkan pembaruan dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain konsep pembelajaran TPA yang berbasis penanaman karakter pada anak di TPA Al-Karim, Dusun Ngandong, Girikerto, Yogyakarta. Desain konsep pembelajaran yang disusun didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran TPA yang sudah berlangsung dengan menyesuaikan kemampuan santri dan keadaan lingkungan TPA. Desain Konsep Pembelajaran yang disusun dirancang untuk diterapkan selam dua bulan yang terdiri dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Dasar, Rancangan Materi Pembelajaran dan Draf Budaya. Berdasarkan pengamatan dari hasil penerapan Desain Konsep Pembelajaran yang sudah dilaksanakan, terjadi peningkatan jumlah santri TPA Al-Karim Dusun Ngandong, serta juga terjadi pembiasaan-pembiasaan akhlak yang baik selama proses pembelajaran TPA berlangsung dengan menggunakan pedoman Draft Budaya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2019 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Dilansir dari berita tempo.co tanggal 12 september 2018,
- Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif (Jakarta: Rajawali Pers.(2010)
- Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992)
- Muhammad Ali Ramdhan, Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X,
- Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta,2009).
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2010).
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2012)
References
Dilansir dari berita tempo.co tanggal 12 september 2018,
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif (Jakarta: Rajawali Pers.(2010)
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992)
Muhammad Ali Ramdhan, Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X,
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta,2009).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2010).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2012)