Main Article Content
Abstract
Pendidikan nonformal seperti Pendidikan Al-Qur’an merupakan hal yang penting untuk dipelajari sejak dini, maka dari itu sangat penting akan berlangsungnya TPA untuk menjadi wadah tempat belajar mengajar Al-Qur’an. Dalam pelaksanaanya metode yang kami gunakan adalah pelatihan dan pendampingan, yang dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 23 mei 2021 s/d 26 mei 2021, dengan jumlah peserta 23 peserta. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan macromedia flash cs.5.5. yang merupakan aplikasi pembuatan animasi 2D/3D secara basik dan hasil pembuatan media pembelajaran ini pada akhirnya akan digunakan untuk pengabdian di Desa Gayam, Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020. Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19),” 2020.
- Anggito Albi. Setiawan, Johan., (2018), metodologi penelitian kualitatif, cet. Pertama, (kab. Sukabumi: CV Jejak)
- Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash. Yogyakarta : Gava Media.
- Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia : Australasian Journal of Educational Technology
- Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
- Hasanah Nur. Hamdan, Abd Mujahid. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). jurnal riset dan pengabdian masyarakat, 1(1)
- Kuntoro, Sodiq A. (2006). Pendidikan Nonformal Bagi Pengembang Sosial, Jurnal Ilmiah VISI PTK PNF, 1(2)
- Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
- Priyadi, Unggul. Hidayat, Syarif Nur. Islamawati, Aprillia. (2013). Peningkatan mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan pembuatan Kurikulum TPA. Jurnal Inovasi dan kewirausahaan, 2(3)
- Sadiman, A.S, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
References
“Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020. Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19),” 2020.
Anggito Albi. Setiawan, Johan., (2018), metodologi penelitian kualitatif, cet. Pertama, (kab. Sukabumi: CV Jejak)
Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash. Yogyakarta : Gava Media.
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia : Australasian Journal of Educational Technology
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hasanah Nur. Hamdan, Abd Mujahid. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). jurnal riset dan pengabdian masyarakat, 1(1)
Kuntoro, Sodiq A. (2006). Pendidikan Nonformal Bagi Pengembang Sosial, Jurnal Ilmiah VISI PTK PNF, 1(2)
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Priyadi, Unggul. Hidayat, Syarif Nur. Islamawati, Aprillia. (2013). Peningkatan mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan pembuatan Kurikulum TPA. Jurnal Inovasi dan kewirausahaan, 2(3)
Sadiman, A.S, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.