Main Article Content

Abstract

Teknologi digital menunjukkan perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun, ditandai
dengan adanya inovasi pada sistem pembayaran berbasis digital melalui kode
QRIS.Penggunaan QRIS didukung dengan meningkatnya transaksi cashless (non-tunai),
mencapai Rp 305,4 triliun dengan pertumbuhan 49,06% (YoY) sepanjang 2021.
Implementasi QRIS ternyata tidak hanya berlaku pada transaksi pembayaran umum,
namun juga menjangkau penyaluran infaq dan shadaqah. Keputusan berinfaq seseorang
dipengaruhi oleh banyak variabel, salah satunya adalah sikap prososial. Sikap prososial
memiliki pengaruh dalam keputusan seseorang untuk berderma dan membayar zakat.
Oleh karena itu, peneliti menambahkan variabel prososial untuk memperluas teori TAM
sehingga dapat diketahui pengaruh prososial dalam minat berinfaq dan sedekah melalui
kode QRIS sebagai metode pembayaran. Metode yang digunakan adalah metode
kuantitatif deskriptif menggunakan continuous rating scale sebagai metode pengukuran
kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan smartPLS.
Populasi yang digunakan adalah jamaah Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia
dengan sampel berjumlah 286 responden dengan teknik pengambilan purposive
sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap prososial tidak berpengaruh,
sedangkan secara simultan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan,
dan sikap penggunaan berpengaruh terhadap minat berinfaq dan shadaqoh
menggunakan QRIS. Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, sikap
penggunaan dan sikap prososial berkontribusi sebesar 73% dan berpengaruh besar pada
level structural mempengaruhi minat berinfaq dan shadaqoh menggunakan QRIS.
Sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh variabel lain yang
tidak diteliti.
Kata kunci: Pro Sosial, Infaq, Sedekah, Minat, Kode QRIS

Keywords

Pro Sosial Infaq Sedekah Minat Kode QRIS

Article Details

References

  1. Acheampong, P., L. Zhiwen, Henry A Antwi, Anthony Akai Acheampong Otoo, W. Mensah, and Patrick Boateng Sarpong. “Hybridizing an Extended Technology Readiness Index with Technology Acceptance Model (TAM) to Predict E-Payment Adoption in Ghana.” American Journal of Multidisciplinary Research 5, no. 2 (2017): 172–184. https://www.semanticscholar.org/paper/Hybridizing-an-Extended-Technology-Readiness-Index-Acheampong-Zhiwen/c18462bc4fb98e158ab50b0db937ded583dfe6c1.
  2. Amanta, Myrella Velika, Wiwiek Rindayati, and Laily Dwi Arsyianti. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Alokasi Infak Rumah Tangga : Studi Kasus Di Desa Pasir Eurih , Kecamatan Tamansari , Kabupaten Bogor Analysis of Factors Affecting the Charity Allocation of Household : Case Study in Pasir Eurih Village , Tamansari.” Jurnal Al-Muzara’ah 2, no. 1 (2014): 35–48.
  3. Azizi, Sofani. “PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK UNTUK PEMBAYARAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG.” UIN Walisongo Semarang, 2020. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf.
  4. Azzahroo, Risma Arum, and Sri Dwi Estiningrum. “Preferensi Mahasiswa Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Teknologi Pembayaran.” Jurnal Manajemen Motivasi 17, no. 1 (2021): 10. https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2800.
  5. Bangkara, Rajendra Prasada, Ni Putu, and Sri Harta. “Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 16, no. 3 (2016): 2408–34.
  6. Devi, Bella Cynthia, Abdul Hoyyi, and Moch.Abdul Mukid. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Layanan Internet Speedy Di Kota Semarang Menggunakan Partial Least Square (Pls).” Gaussian 4 (2015): 485–95. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian.
  7. Faozi, M. Mabruri, and Awalia Jehan S. “Strategi Penghimpunan Dana Infaq Telaah Efektivitas Aplikasi Digital Pada At-Taqwa Centre Kota Cirebon.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam 5, no. 2 (2020).
  8. Fatuh, Miyatul, and Widyastuti. “Pengaruh Promosi Penjualan, Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Pengguna Uber Di Surabaya Pusat).” Jurnal Ilmu Manajemen 5, no. 4 (2017).
  9. Hapsari, Ni Kadek Ayu Mas Yoca, and Angga Yuni Mantara. “Pengaruh Pelaku Crowdfunding Terhadap Perilaku Prososial.” In Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang Dan Tantangan, 328–32. Fakultas pendidikan Psikologi, 2019.
  10. Hardinawati, Lusiana Ulfa, and Muhammad Zilal Hamzah. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Donatur Membayar Zakat, Infak, Dan Sedekah (Zis) Melalui Bank (Studi Kasus Donatur Zis Di Provinsi Dki Jakarta).” Jurnal Middle East and Islamic Studies 4, no. January (2017): 178–91.
  11. Hayyu, Altifani Rizky. “ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf), Potensi Ekonomi Islam Di Era Modern.” Kompasiana, 2017. https://www.kompasiana.com/tifanihayyu/58a88c91719373d13f21b937/ziswaf-zakat-infaq-shadaqah-wakaf-potensi-ekonomi-islam-di-era-modern.
  12. Hermawan, Rinto Tri, and Sawarni Hasibuan. “Analisis Pengaruh Tingkat Pengalaman Dan Coaching Style Terhadap Kualitas Kepemimpinan Manajer Proyek Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Di PT. JCI.” Jurnal PASTI XI, no. 1 (2016): 84–97.
  13. Husna, Ziyadatul. “Analisis Faktor-Faktor Penentu Masyarakat Muslim Terhadap Preferensi Metode Pembayaran Infaq Dan Shadaqah Melalui Kode QRIS (Studi Kasus Di Yayasan Masjid Jami’ Kota Malang).” Universitas Brawijaya, 2020. https://apjii.or.id/survei.
  14. Ichwan, Afiful, and Ruslan Abdul Ghofur. “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 2 (2020): 129–35. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1011.
  15. Idris, I, and A. B. P Kasmo. “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Kepemilikan Kartu Kredit.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4, no. 3 (2018): 306–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i3.126.
  16. Karmanto, Gina Destrianti, and Bimmo Dwi Baskoro. “Penggunaan Platform Crowdfunding Dalam Menyalurkan Zakat, Infaq, Dan Shadaqah (Zis): Studi Intensi Masyarakat.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 2 (2020): 1–9. https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/point.
  17. Keng-Boon Ooi, Garry Wei-Han, and Tan. “Mobile Technology Acceptance Model: An Investigation Using Mobile Users to Explore Smartphone Credit Card.” Expert Systems with Applications 59 (2016): 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eswa.2016.04.015.
  18. Kharisma, Puguh, and Prabowo Yudo Jayanto. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-Zakat Dalam Membayar Zakat, Infaq, Dan Sedekah.” AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 16, no. 1 (2021): 47–56. https://doi.org/10.31942/akses.v16i1.4471.
  19. Lestari, Rini. “KELUARGA : TEMPAT PROSES BELAJAR PERILAKU PROSOSIAL.” In Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013 (Letusan, 5–24. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, 20137.
  20. Mar’atus Sholihah. “EMPATI DAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA VOLUNTEER PEMERHATI ANAK JALANAN.” Magister Psikologi Untag Surabaya, 2017. https://mpsi.untag-sby.ac.id/backend/uploads/pdf/EMPATI_DAN_RELIGIUSITAS_DENGAN_PERILAKU_PROSOSIAL.pdf.
  21. Marliana, Reny Rian. “Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi 16, no. 2 (2019): 174. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851.
  22. Marwing, Arman. “Dalam Peningkatan Fundraising Zakat.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2015). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/an.2015.2.1.199-226.
  23. Norhalipah, Akhmad Hulaify, and Arie Syantoso. “Pengaruh Kelebihan Dan Kekurang Pada Penerapan QR Code Terhadap Penghimpunan Dana Infaq Dalam Prespektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Banjarmasin Dan Masjid Hasanuddin Majdi).” Universitas Islam Kalimantan, 2021. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2706/.
  24. Nugroho, Anton Priyo, Dzulfikar Izzat, and Wuri Suhasti. “Peran Identitas Agama Terhadap Niat Menggunakan Kosmetik Halal : Perluasan Theory of Planned Behavior.” Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking 2, no. 2 (2019): 89. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v2i2.921.
  25. Nugroho, Anton Priyo, and Wuri Suhasti. “Peran Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Pembayaran Non Tunai : Perluasan Teori Technology Acceptance Model Peran Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Pembayaran Non Tunai : Perluasan Teori Technology Acceptance Model.” In Seminar Nasional Ekonomi Islam 2019. Yogyakarta: Institute Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, 2020. https://www.researchgate.net/publication/339711561%0APeran.
  26. Shadiqi, Muhammad Abdan. Perilaku Prososial. Jakarta: Salemba Humanika, 2018.
  27. Soesilo, Tritjahjo Danny. Penelitian Inferensial Dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press, 2018.
  28. Sumarna, Dani Leonidas, and Nia Boina Manik. “ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) TERHADAP PENGGUNA SAP PT POLYCHEMIE ASIA PACIFIC PERMAI Teknologi Informasi Sangat Berguna Di Era Modernsasi . Salah Satu Teknologi Informasi Yang Banyak Digunakan Oleh Perusahaan Atau Organisasi Yaitu System A” 09, no. 2 (2019): 68–75.
  29. Trenggonowati, Dyah Lintang, and Kulsum. “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia.” Journal Industrial Servicess 4, no. 1 (2018): 48–56.
  30. Ubabuddin, and Umi Nasikhah. “Peran Zakat, Infaq Dan Shadaqah Dalam Kehidupan.” Ilmiah Al-Muttaqin 6, no. 1 (2021): 60–76.
  31. Walfajri, Maizal. “BI Catat Transaksi Uang Elektronik Senilai Rp 305,4 Triliun Sepanjang 2021.” Kontan.co.id, 2022. https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-catat-transaksi-uang-elektronik-senilai-rp-3054-triliun-sepanjang-2021.
  32. Zein, Lisna Latifah. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN BERINFAQ PADA JAMAAH PENGAJIAN DI MASJID GEDHE KAUMAN YOGYAKARTA.” Dspace UII, 2018.