Main Article Content
Abstract
Berbagai sumber ilmiah mengungkapkan bahwa kondisi lingkungan dan keadilan sosial yang dibaur dalam aktivitas ekonomi telah menyita banyak perhatian yang mengancam masa depan lingkungan serta kesejahteraan manusia dan kian memburuk seiring perkembangan ekonomi. Masalah lingkungan termaktub dalam tujuan Pembangunan
Berkelanjutan (SDG’s goals) pada poin 13 tentang Climate Action dan pada poin 11 tentang kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Supporting Environmental Protection adalah perilaku mendukung lingkungan dengan membeli dan mengonsumsi produk yang ramah lingkungan. Dalam berpartisipasi pada proyek hijau ramah lingkungan maka, diusunglah produk pendanaan obligasi Syariah yang berwawasan lingkungan (Green Bond) dan investasi ESG (Environment, Social and Government). Sayangnya generasi Z memiliki minat yang rendah terhadap green sukuk padahal data statistik menunjukkan gen Z menempati jumlah penduduk sebesar 27,94% pada sensus penduduk 2020. Selain itu, literasi keuangan sedang marak diperbincangkan yang juga berhubungan dengan
motivasi seorang individu untuk berinvestasi di banyak aset. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari kuesioner berupa pernyataan deskriptif. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui publikasi dan literatur lain yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, apabila literasi keuangan dan supporting environmental protection semakin meningkat, maka minat investasi green sukuk juga akan semakin meningkat. Kedua, variabel literasi keuangan dan supporting environmental protection secara bersama-sama mempengaruhi minat investasi green sukuk. Ketiga, terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel independen dengan variabel dependen. Keempat, variabel independen berkontribusi mempengaruhi variabel dependen sebesar 14,3% sedangkan sisanya 85,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Angela, E. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan , Customer Relationship Management Dan Digitalisasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali ) SKRIPSI.
- Agencies (2020) ‘Global economy is facing its worst crisis in 100 years: G-20 biz leaders’, 5 October. Available at: https://wap.business-standard.com/article-amp/international/global-economy-is-facing-its-worst-crisis-in-100-years-g-20-biz-leaders-120100501321_1.html.
- Bappenas (2014) ‘Model Ekonomi Hijau Provinsi Kalimantan Tengah ( KT-GEM ) Model Ekonomi Hijau Provinsi Kalimantan Tengah ( KT-GEM )’.
- BPS (2021) Hasil Sensus Penduduk 2020. Available at: https://www.bps.go.id/website/images/Hasil-SP2020-ind.jpg.
- Budiarso, A. (2019) Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim. 1st edn. Edited by F. (AUS Dr Adi Budiarso. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
- Budiman, N. A. (2018) ‘Analisis Minat Masyarakat Dalam Berinvestasi Sukuk’, Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 2(2), pp. 146–154. doi: 10.22236/alurban.
- Costa, C. S. R. et al. (2021) ‘Consumer antecedents towards green product purchase intentions’, Journal of Cleaner Production, 313(June). doi: 10.1016/j.jclepro.2021.127964.
- Darmawan, A., Kurnia, K. and Rejeki, S. (2019) ‘Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal’, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2), pp. 44–56. doi: 10.32639/jiak.v8i2.297.
- DJPPR Kemenkeu (2021) Meskipun Masih Di Tengah Pandemi, Minat Investor Sangat Luar Biasa, Target Green sukuk Ritel - Sukuk Tabungan Seri ST008 Tercapai Sebelum Masa Penawaran Berakhir. Available at: https://www.djppr.kemenkeu.go.id/page/load/3286.
- Faidah, F. (2019) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa’, JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(3), p. 251. doi: 10.30998/jabe.v5i3.3484.
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Joshi, Y. and Rahman, Z. (2015) Factors Affecting Green Purchase Behaviour and Future Research Directions, International Strategic Management Review. Holy Spirit University of Kaslik. doi: 10.1016/j.ism.2015.04.001.
- Jusuf, G. and Darajati, W. (2017) Metadata indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) /sustainable development goals (SDGs) Indonesia: pilar pembangunan lingkungan. Available at: http://sdgs.bappenas.go.id/.
- Kumar, P., & Ghodeswar, B. M. (2015). Factors affecting consumers’ green product purchase decisions. Marketing Intelligence and Planning, 33(3), 330–347. https://doi.org/10.1108/MIP-03-2014-0068
- Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
- Pravasanti, Yuwira Ariessa & Muhammad Tho’in. (2018). Meningkatkan Loyalitas Mahasiswa melalui Service Performance. Journal of Management and Business, 1(2), 107-118
- Rasuma Putri, N. M. D. and Rahyuda, H. (2017) ‘Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9, p. 3407. doi: 10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09.
- Rohmah, N., Rohim, A. and Herianingrum, S. (2020) ‘Sovereign Green Sukuk Indonesia Dalam Tinjauan Maqashid Shariah’, Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), pp. 259–269. doi: 10.32528/ipteks.v5i2.3666.
- Suherman, Noor, I. and Manzilati, A. (2019) ‘Identifikasi Potensi Pasar Green Sukuk Republik Indonesia’, Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), pp. 37–53.
- Susdiani, Laela (2017). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Experience Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi PNS Di Kota Padang. Jurnal Pembangunan Nagari. Volume 2. Nomor 1.
- Utami, S. S. et al. (2017) ‘Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta )’, XIV(2).
- Widiyanti, Rochim, dkk (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari.Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 18 No. 2. Hal.153-163
References
Angela, E. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan , Customer Relationship Management Dan Digitalisasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali ) SKRIPSI.
Agencies (2020) ‘Global economy is facing its worst crisis in 100 years: G-20 biz leaders’, 5 October. Available at: https://wap.business-standard.com/article-amp/international/global-economy-is-facing-its-worst-crisis-in-100-years-g-20-biz-leaders-120100501321_1.html.
Bappenas (2014) ‘Model Ekonomi Hijau Provinsi Kalimantan Tengah ( KT-GEM ) Model Ekonomi Hijau Provinsi Kalimantan Tengah ( KT-GEM )’.
BPS (2021) Hasil Sensus Penduduk 2020. Available at: https://www.bps.go.id/website/images/Hasil-SP2020-ind.jpg.
Budiarso, A. (2019) Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim. 1st edn. Edited by F. (AUS Dr Adi Budiarso. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Budiman, N. A. (2018) ‘Analisis Minat Masyarakat Dalam Berinvestasi Sukuk’, Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 2(2), pp. 146–154. doi: 10.22236/alurban.
Costa, C. S. R. et al. (2021) ‘Consumer antecedents towards green product purchase intentions’, Journal of Cleaner Production, 313(June). doi: 10.1016/j.jclepro.2021.127964.
Darmawan, A., Kurnia, K. and Rejeki, S. (2019) ‘Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal’, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2), pp. 44–56. doi: 10.32639/jiak.v8i2.297.
DJPPR Kemenkeu (2021) Meskipun Masih Di Tengah Pandemi, Minat Investor Sangat Luar Biasa, Target Green sukuk Ritel - Sukuk Tabungan Seri ST008 Tercapai Sebelum Masa Penawaran Berakhir. Available at: https://www.djppr.kemenkeu.go.id/page/load/3286.
Faidah, F. (2019) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa’, JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(3), p. 251. doi: 10.30998/jabe.v5i3.3484.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Joshi, Y. and Rahman, Z. (2015) Factors Affecting Green Purchase Behaviour and Future Research Directions, International Strategic Management Review. Holy Spirit University of Kaslik. doi: 10.1016/j.ism.2015.04.001.
Jusuf, G. and Darajati, W. (2017) Metadata indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) /sustainable development goals (SDGs) Indonesia: pilar pembangunan lingkungan. Available at: http://sdgs.bappenas.go.id/.
Kumar, P., & Ghodeswar, B. M. (2015). Factors affecting consumers’ green product purchase decisions. Marketing Intelligence and Planning, 33(3), 330–347. https://doi.org/10.1108/MIP-03-2014-0068
Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
Pravasanti, Yuwira Ariessa & Muhammad Tho’in. (2018). Meningkatkan Loyalitas Mahasiswa melalui Service Performance. Journal of Management and Business, 1(2), 107-118
Rasuma Putri, N. M. D. and Rahyuda, H. (2017) ‘Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9, p. 3407. doi: 10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09.
Rohmah, N., Rohim, A. and Herianingrum, S. (2020) ‘Sovereign Green Sukuk Indonesia Dalam Tinjauan Maqashid Shariah’, Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), pp. 259–269. doi: 10.32528/ipteks.v5i2.3666.
Suherman, Noor, I. and Manzilati, A. (2019) ‘Identifikasi Potensi Pasar Green Sukuk Republik Indonesia’, Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), pp. 37–53.
Susdiani, Laela (2017). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Experience Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi PNS Di Kota Padang. Jurnal Pembangunan Nagari. Volume 2. Nomor 1.
Utami, S. S. et al. (2017) ‘Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta )’, XIV(2).
Widiyanti, Rochim, dkk (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari.Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 18 No. 2. Hal.153-163