Main Article Content

Abstract

Internal marketing merupakan sebuah bentuk pemasaran yang di perlukan oleh suatu institusi melalui pemasaran yang berhubungan dengan mahasiswa maupun karyawan yang ada didalamnya agar pemasaran menjadi lebih efektif. Internal marketing juga penting dilakukan dalam mengevaluasi kinerja pemasaran sebuah institusi dan meningkatkan kepuasan mahasiswa, serta merekomendasikan institusinya kepada lingkungan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa dan bagaimana pengaruh kegiatan mahasiswa melalui multidimensi internal marketing dalam memasarkan Fakultas di Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan populasi mahasiswa FIAI dari berbagai jurusan dan kegiatan mahasiswa yang diikuti sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel multidimensi internal marketing berkorelasi baik antar variabel, sehingga validitas dan reliabilitas teruji. Akan tetapi variabel penghargaan dan komunikasi internal perlu untuk dievaluasi atas nilai rendah yang diperoleh. Maka kemudian institusi atau dalam hal ini fakultas, perlu lebih memperhatikan variabel-variabel internal marketing yang diteliti dalam menentukan strategi branding internal marketing dalam peningkatan performa fakultas.


Kata Kunci: Internal Marketing, Multidimensi, Branding, Validitas, dan Reliabilitas

Keywords

Internal Marketing Multidimensi Branding Validitas Reliabilitas

Article Details

References

Read More