Main Article Content

Abstract

Internal marketing merupakan sebuah bentuk pemasaran yang di perlukan oleh suatu institusi melalui pemasaran yang berhubungan dengan mahasiswa maupun karyawan yang ada didalamnya agar pemasaran menjadi lebih efektif. Internal marketing juga penting dilakukan dalam mengevaluasi kinerja pemasaran sebuah institusi dan meningkatkan kepuasan mahasiswa, serta merekomendasikan institusinya kepada lingkungan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa dan bagaimana pengaruh kegiatan mahasiswa melalui multidimensi internal marketing dalam memasarkan Fakultas di Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan populasi mahasiswa FIAI dari berbagai jurusan dan kegiatan mahasiswa yang diikuti sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel multidimensi internal marketing berkorelasi baik antar variabel, sehingga validitas dan reliabilitas teruji. Akan tetapi variabel penghargaan dan komunikasi internal perlu untuk dievaluasi atas nilai rendah yang diperoleh. Maka kemudian institusi atau dalam hal ini fakultas, perlu lebih memperhatikan variabel-variabel internal marketing yang diteliti dalam menentukan strategi branding internal marketing dalam peningkatan performa fakultas.


Kata Kunci: Internal Marketing, Multidimensi, Branding, Validitas, dan Reliabilitas

Keywords

Internal Marketing Multidimensi Branding Validitas Reliabilitas

Article Details

References

  1. Ayunita, D. 2018. Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan. Universitas Diponegoro.
  2. Azwar, S. 2013. Relabilitas dan Validitas. Edisi 4. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
  3. Desi Eka Pratiwi, & Budhi Haryanto. (2018). INTERNAL MARKETING MIX PADA KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.20961/bise.v4i1.21890
  4. Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science , 1(1).
  5. Erlica, N, dkk. 2017. Pengaruh citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi melalui kepuasan mahasiswa (studi pada universitas Ma Chung di kota Malang). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economic and Law. 14(3): 13-21.
  6. Farooq, U, dkk. 2019. Development and validation of a multidimensional instrument for measuring internal marketing in Chinese higher education. Journal of Enterparise Information Management. 32(8): 413-435.
  7. Gummesson, E. R. (2000). Internal marketing in the light of relationship marketing and network organizations. In Internal Marketing: Directions for Management.
  8. Hidayat, A. 2018. Partial Least Square (PLS), Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara. URL: https://www.statistikian.com/2018/08/pengertian-partial-least-square-pls.html. Diakses pada 4 maret 2023.
  9. Ikhsania, Z. (2015). Pengaruh Implementasi Internal Marketing Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 1(2), 59–69. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2015.001.02.9
  10. Kalbis. 2023. Kegiatan Mahasiwa. https://kalbis.ac.id/kegiatan-mahasiswa/. Diakses pada tanggal 4 Maret 2023
  11. Larasati, C. 2014. Minat mahasiswa Universitas Brawijaya terhadap penggunaan internet banking dalam transaksi pembayaran SPP: Pendekatan modified technology acceptance model. Skripsi. Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Malang
  12. Matanda, M.J. and Ndubisi, N.O. (2013). Internal marketing, internal branding, and organisational outcomes: The moderating role of perceived goal congruence. Journal of Marketing Management, 29(9-10), pp.1030–1055. doi:https://doi.org/10.1080/0267257x.2013.800902.
  13. Pertiwi, M.C., Sulistiyawan, A., Rahmawati, I., Kaltsum (2013). Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam Menciptakan Leadership. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers.
  14. Pratiwi, S.S. 2017. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas EKonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. Vol. 6, No. 1.
  15. Rosaria, S. 2016. Studi deskriptif: prokrastinasi pada mahasiswa fakultas psikologi universitas sanata dharma. Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
  16. Sugiyono. 2009. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  17. Sukotjo. H. 2011. Pengaruh Pemasaran Internal terhadap Kualitass Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. STIE Pancasetia, Banjarmasin.
  18. Supardi. 2005. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press. Yogyakarta.
  19. Hair, F. J., Risher, J.J., Sartedt, M., & Ringle C.M. 2019. When to Use and How to Report The Resluts of PLS-SEM. European Business Review