Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan disemester genap tahun ajaran 2022/2023 dikelas IV Apakah Penerapan Metode Talaqqi dapat Meningkatkan Hapalan al-Qur’an peserta didik di kelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode talaqqi untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik dikelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil menghafal peserta didik pembelajaran tahfidz Qur’an mengalami peningkatan. Dari 20 peserta didik pada pra siklus atau sebelum dilaksanakan metode talaqqi dalam menghafal al-Qur’an yang didapat untuk peserta didik tuntas adalah 40% sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan adalah 60%. Tetapi setelah dilaksanakan atau diterapkan metode talaqqi dalam menghafal al-Qur’an terdapat peningkatan pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik adalah 70% dan peserta didik yang belum tuntas adalah 30%. Kemudian dilnjutkan dengan siklus II karena pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dimana persentase hasil menghafal peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebanyak 95% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 5%..
Kata Kunci: Hafalan Al’Qur’an, Metode Talaqqi
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- A.Syahid Robbani ,Ahmad Muzayyana Haqqy,”Menghafal Al-Qur’an”, Cet.I ; Bandung : Mujahid Press 2021.
- Ahmad Syarifuddin, “Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur’an”, Jakarta: Gemainsani Press 2018.
- Fita Nur Arifah, Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru Yogyakarta: Araska, 2017.
- Ibrahim Al Hakim,”Mengapa Menghafal Al-Qur’an”, Surabaya : Global Aksara Pres,2021.
- Mahir M Soleh,dkk,”Buku SakuDirasat Islamiyah”, Bengkulu : CV. Sinar Jaya Berseri, 2022.
- Nasution, “Metode Research : Penelitian Ilmiah”, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
References
A.Syahid Robbani ,Ahmad Muzayyana Haqqy,”Menghafal Al-Qur’an”, Cet.I ; Bandung : Mujahid Press 2021.
Ahmad Syarifuddin, “Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur’an”, Jakarta: Gemainsani Press 2018.
Fita Nur Arifah, Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru Yogyakarta: Araska, 2017.
Ibrahim Al Hakim,”Mengapa Menghafal Al-Qur’an”, Surabaya : Global Aksara Pres,2021.
Mahir M Soleh,dkk,”Buku SakuDirasat Islamiyah”, Bengkulu : CV. Sinar Jaya Berseri, 2022.
Nasution, “Metode Research : Penelitian Ilmiah”, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.