Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Raudhotul Jannah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode NHT mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, membangun kerja sama antar siswa, dan membantu pemahaman materi SKI secara lebih mendalam. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan waktu dan kesiapan siswa dalam bekerja kelompok, namun secara keseluruhan penerapan metode ini memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran.

Keywords

Pendidikan Numbered Head Together Pembelajaran SKI

Article Details

References

  1. Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In CV Kaaffah Learning Center. CV. Kaaffah Learning Center.
  2. Astutik, P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 154–168. https://doi.org/10.26740/JPAP.V9N1.P154-168
  3. Aulia Hilma Mahasiswa, I., Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran, S., & Adi Santoso Dosen, S. (2021). Pengaruh Metode Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Sumurgayam Paciran Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 33–54. https://doi.org/10.37286/JMP.V1I1.134
  4. Daniati, D. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014.
  5. Dea, O. S. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA.
  6. Hanifa, N., Stain, , Ritonga, B. S., Bengkalis, S., & Adryanza, E. (2023). Metode Number Head Together (NHT) dan Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 54–68. https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i2.618
  7. Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.
  8. Khoiriyah, S. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE. 4(2).
  9. Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/ALMAHARA.2018.042-03
  10. Niaba, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran SKI Siswa Kelas III Di MSI 14 Medono Kota Pekalongan.
  11. Nurul Khasanah, 170213023. (2022). Penggunaan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar.
  12. Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4.
  13. Qomariyah, L., Tjahjono, A. B., & Makhshun, T. (2021). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN PAI. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 0(0). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8264
  14. silvia aqida, D. (2023). 2797-3840 2797-992x. 3, 67–80.
  15. Yenni, R. F. (2016). PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(2). https://doi.org/10.30870/JPPM.V9I2.1006