Main Article Content

Abstract

Berlakunya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20 Tahun 2021 pada tanggal 14 Proses pembelajaran yang dilaksanakan para pengajar terutama pada pelajaran PAI saat ini masih menggunakan media-media pembelajaran yang monoton dan minim dengan media interaktif, perlu hal baru dala medi apembelajaran sehingga dapat meningkatkan aspek-aspek kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek koginitf tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) pada pelajaran PAI dengan menguji coba menggunakan media pembelajaran interaktif plickers di SD N Candirejo Kelas III hingga VI menggunakan metode pada setiap ujicoba.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model Kurt Lewin dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik penentuan sampel purposive sampli. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III sampai VI yang berjumlah lebih dari 100 siswa, kepala sekolah dan walikelas. Teknik pengambilan data menggunakan Teknik ujicoba, wawancara, instrument dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) Media plickers dipilih sebagai media pembelajran yan gdinilai unik dan inovatif serta mengedepankan fokus siswa, 2) ujicoba dilaksanakan dengan tiga siklus atau metode dengan masing-masing tahapan setiap kelas, yaitu metode test in study, pretest dan posttest. 3) Ujicoba pada setiap kelas dan metode menghasilkan rata-rata skor diatas 90%, hal tersebut dapat dikatakan peningkatan aspek pengetahuan dan pemahaman berhasil meningkat hingga 90%..

Keywords

Plickers Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kognitif pengetahuan (C1) Pemahaman (C2)

Article Details

References

  1. Achmad Baihaqi, Amaliya dan Ilham, Youtube Sebagai Media Pembelajaran Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang, Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol 07 No 1, 2020
  2. Aditiawarman, D., & Arfandi, A. (2018). Penerapan Media Plickers dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2)
  3. Ahmad Daeng Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, cet-VII (Bandung: Al-Ma’arif, 1989).
  4. Ahmad Muzami dan Muhyadi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd, Jurnal Prima Edukasia, Vol 4 No 1, 2016.
  5. Arifin, S., Wulan, E. A., & Setiawan, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Media Plickers untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Keterampilan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2).
  6. Asep Saeful Hamdani, M.Pd, Penggabungan Taksonomi Bloom dan Taksonomi SOLO sebagai Model Baru Tujuan Pendidikan, kumpulan makalah Seminar Pendidikan Nasional, (Surabaya: IAIN, 2008).
  7. Aslam, dkk. (2020). Internet User Behavior and Social Media in Learning. Atlantis Press, 526(Icream 2020)
  8. Chen, K. H., & Chen, J. C. (2021). Utilizing the plickers to enhance learners' feedback and learning effectiveness in a flipped classroom. Journal of Educational Computing Research, 59(5).
  9. Dea Putrid an Supriansyah, Pengaruh Model Pembelajaran Word square Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 6 No 4, 2022
  10. Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  11. Diana Wulandari, Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan, Jurnal Inspirasi Pendidikan, Vol 6 No 2, 2016
  12. Edi Nurhdin, Implementasi Model Pembelajaran Kelas Terbalik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu, Eduprof: Islamic Education Journal, Vol 2 No 2, 2020
  13. Help Plickers, “What is Plickers?” dalam https://help.plickers.com/hc/en us/articles/360009395854.
  14. Hestika Noviansyah, Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan
  15. Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1 No 1, 2016
  16. Hujair a Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
  17. Isniatun Munawaroh, Modul Pendidikan Profesi Guru, Modul 1.
  18. Issrina Dwika dan Aslam, Efektivitas Media Pebelajran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa, Jurnal Pedagogi dan Pembelajran, Vol 4 No 2, 2021
  19. Jasa Ungguh Muliawan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Gava Media: Yogyakarta, 2014.
  20. Joko Kuswanto dan Ferri Radiansyah,Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Informatika, Vol 14 No 1, 2018
  21. Juhaeni1, Safaruddin dan Zuha Prisma Salsabila, Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, Aladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol 8 No 2, 2021.
  22. Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice, 41(4).
  23. Manis Kiptiawati dan Astuti, Implementasi Pendiidkan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 4 No 1, 2022
  24. Mayer, R. E. (2014). Cognitive theory of multimedia learning. The Cambridge handbook of multimedia learning.
  25. Miftahul Huda, Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)
  26. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung; PT. Remaja Rosda karya, 2011).
  27. Muhammad Arya Arjuna, Muhammad Irvan Alwi dan Hasrian Rudi Setiawan, Pemanfaatan Aplikasi Power Point dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar siswa di SMP PAB 1 Klumpang, Maslahah: Jurnal Pengambdian Masyarakat, Vol 2 No 1, 2021
  28. Murtadho, N. (2018). Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Menangkal Radikalisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
  29. Nadia Syafira, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V SD, OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 5 No 1, 2021
  30. Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
  31. Nur Qomariyah, Elinda dan Yuliani, Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak, Jurnal Obsessi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4 No 2, 2020.
  32. Nuumul Laily, Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid-19, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 4, 2021
  33. Oermann, M. H., & Gaberson, K. B. (2016). Evaluation and testing in nursing education. Springer Publishing Company
  34. Roediger III, H. L., & Karpicke, J. D. (2006). Test-Enhanced Learning: Taking Memory Tests Improves Long-Term Retention, Psychological Science, 17(3).
  35. Rovai, A. P. (2004). A constructivist approach to online college learning. The Internet and Higher Education, 7(2)
  36. Samsul Nizar, Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2001)
  37. Sari, R. A., Sugiarti, E., & Setianingsih, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2)
  38. Sasmito dan Andjrah, Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 SD Dengan Metode Learning The Actual Object, Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol 1 No 1, 2012
  39. Sudjana, N. (2011). Penelitian tindakan kelas: Sebagai pengembangan profesional guru. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  40. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alafbeta.
  41. Suhairi Umar, Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid, cet. I, (Yogyakarta: Deepublish, 2019)
  42. Suharsimi, A. (2015). Evaluasi pendidikan: Prinsip, teknik, dan prosedur. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  43. Sukardi, Metode Penelitian Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya (Yogyakarta: Bumi Aksara, 2013)
  44. Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
  45. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3, Bandung : Fermana, 2006.
  46. Whitehead, J. (1989). Creating a living educational theory from questions of the kind, "How do I improve my practice?". Cambridge Journal of Education, 19(1)
  47. Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Kencana, 2009)