Main Article Content

Abstract

Teknologi menjadi nilai primer di era revolusi industry 5.0. percepatan kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan terhadap pola kehidupan manusia terutama dalam dunia Pendidikan. Lantas bagaimana peran sebuah pola integrasi antara islam dan sains dalam dunia Pendidikan islam serta implikasinya berkaitan dengan perilaku manusia di era society 5.0. banyak anggapan bahwa islam dan sains merupakan suatu ikatan bersifat integral, hal ini menunjukan islam memandang positif ilmu pengetahuan modern yang semakin canggih karena dipengaruhi oleh arus teknologi. Artinya tidak ada dikotomi Pendidikan islam dan ilmu sains itu sendiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola strategi integrasi antara islam dan sains baik dalam perilaku atau perbuatan manusia serta tantanganya diera Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yakni menelaah studi Pustaka dan mencari data yang bersumber dari jurnal,studi kepustakaan atau dokumentatif seperti kajian sumber data dari literature-literature yang berkaitan dengan judul pembahasan. Selanjutnya akan menghasilkan sebuah opini argumentatif berupa artikel yang akan di dipublikasikan menjadi sebuah jurnal ilmiah.

Keywords

Integrasi Pendidikan Islam Sains Teknologi

Article Details

References

  1. Arifudin I (2016). Integrasi sains dan agama serta implikasinya terhadap pendidikan islam.
  2. Edukasia Islamika : Volume 1, Nomor 1, Desember 2016/1438
  3. Anshori, Abidin Z (2014). Format baru hubungan sains modern dan islam (studi integrasi keilmuan atas uin yogyakarta dan tiga universitas islam swasta sebagai upaya membangun sains islam seutuhnya tahun 2007-2013). PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol. 15, No. 1, Juni 2014: 90 – 108. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl A. Yani Pabelan Tromol Pos 1.
  4. Athoillah, Wulan (2019). Transformasi model pendidikan pondok pesantren di era revolusi industri 4.0. Prosiding Nasional Vol.2 November 2019
  5. Bahri S (2021). Konsep pembelajaran pai di era society 5.0 . edupedia Vol. 6, No. 2, Januari 2022
  6. Ifadah L, Utomo T (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 . Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam. Vol. 2 No. 2 Desember 2019 https://ejournal.stainupwr.ac.id/
  7. Muttaqin A (2018). Kontruksi kurikulum sains islam keindonesiaan (integrasi islam, sains
  8. kealaman, sains humaniora dan keindonesiaan) EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1), 2018, 80-96. http://jurnaledukasikemenag.org
  9. Nurcholis M (2021). Integrasi islam dan sains : sebuah telaah epistemologi. Falasifa (Jurnal studi keilmiahan) Falasifa, Vol. 12 Nomor 1 Maret 2021
  10. Priyanto A (2020). Pendidikan islam dalam era revolusi industri 4.0. J-PAI : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 Januari-Juni 2020. http://ejournal.uin- malang.ac.id/index.php/jpai
  11. Rumondor, Putra (2020). Integrasi interkoneksi esensi pendidikan islam dalam pembelajaran sains. Prosiding Konferensi integrasi interkoneksi islam dan sains. Volume 2, Maret 2020 Halaman: 331-341
  12. Sulaiman M (2020). Integrasi agama islam dan ilmu sains dalam pembelajaran. E-ISSN: 2579- 7131 PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam Vol.15, No.1, April 2020
  13. Zulkifli, Triono, Santoso (2023). Tantangan pendidikan islam menuju era society 5.0: urgensi pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran pai. Jurnal Papeda; Vol 5, No.1,Januari 2023