Main Article Content
Abstract
Ekspositori sebagai upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Metode ekspositori, yang berfokus pada penyampaian materi secara verbal oleh guru, dirancang untuk membantu siswa memahami dan menguasai materi secara optimal melalui serangkaian tahapan, yaitu persiapan, penyajian, korelasi, generalisasi, dan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan objek penelitian sebagaimana adanya, sehingga penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Siswa di MAN 1 Solok Plus Keterampilan merupakan sumber data primer, sedangkan kepala sekolah dan guru mata pelajaran Al-Quran Hadits merupakan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi data dengan menggunakan teknik dependabilitas, konfirmabilitas, kredibilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini somoga bisa membagikan kontribusi di dunia pendidikan dengan menawarkan metode pembelajaran yang efektif dan sistematis. Penerapan metode ekspositori yang terstruktur diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian dapat menjadi panduan bagi guru dalam mengembangkan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa di era modern.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Amin, W. Al. (2011). Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Negeri Model Purwokerto. 1–71.
- Ausubel, D. P. (1963). The Psychology of Meaningful Verbal Learning. New York: Grume & Stratton.
- Dijwandono, & Wuryani, S. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Grasindo.
- Dimayati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
- Dimayati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
- Jannah, R., & Jannah, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaksi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama ISlam dan Budi Pekerti di Sekolah Menegah Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4).
- Mashudi, Safi’i, A., & Purwowidodo, A. (2013). Desain Model Pembelajaran Inovasi Berbasis Konstruktivime (Kajian Teoritis dan Praktis). Tulungagung:STAIN Tulungagung Press.
- Nasution, A. G. J. (2022). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Medan Johor. Jurnal Hukum Islam Dan Humaniora, 1(1).
- Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (M. Si Drs.). Perdana Mulya Sarana.
- Observasi. Kegiatan Pembelajaran Al-Quran Hadits MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Observasi: Desember 2024
- Rahmi, Fitri. Wakil Bidang Kurikulum MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Wawancara: 10 Januari 2025
- Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
- Slavin, & E, R. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (B. P. & Bacon (ed.)).
- Triza, Harnofa.. Plt. Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Wawancara: 13 Januari 2025
- Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Mengambangkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar-Ruzz Media.
References
Amin, W. Al. (2011). Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Negeri Model Purwokerto. 1–71.
Ausubel, D. P. (1963). The Psychology of Meaningful Verbal Learning. New York: Grume & Stratton.
Dijwandono, & Wuryani, S. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Grasindo.
Dimayati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Dimayati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Jannah, R., & Jannah, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaksi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama ISlam dan Budi Pekerti di Sekolah Menegah Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4).
Mashudi, Safi’i, A., & Purwowidodo, A. (2013). Desain Model Pembelajaran Inovasi Berbasis Konstruktivime (Kajian Teoritis dan Praktis). Tulungagung:STAIN Tulungagung Press.
Nasution, A. G. J. (2022). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar Medan Johor. Jurnal Hukum Islam Dan Humaniora, 1(1).
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (M. Si Drs.). Perdana Mulya Sarana.
Observasi. Kegiatan Pembelajaran Al-Quran Hadits MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Observasi: Desember 2024
Rahmi, Fitri. Wakil Bidang Kurikulum MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Wawancara: 10 Januari 2025
Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Slavin, & E, R. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (B. P. & Bacon (ed.)).
Triza, Harnofa.. Plt. Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Wawancara: 13 Januari 2025
Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Sukses Mengambangkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar-Ruzz Media.