Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi manajemen pembelajaran berbasis sumber daya dalam pendidikan Islam untuk mengoptimalkan pemanfaatan tenaga pendidik, pendanaan, sarana, teknologi, dan lingkungan pembelajaran. Kompleksitas pengelolaan sumber daya tersebut memerlukan pendekatan konseptual yang menyeluruh serta strategi implementasi yang sistematis. Dengan metode kajian pustaka dan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai referensi ilmiah, termasuk artikel jurnal, buku akademik, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sumber daya pendidikan Islam mencakup optimalisasi peran guru sebagai pendidik dan teladan, sistem pembiayaan berbasis wakaf dan zakat, pengembangan infrastruktur Islami, pemanfaatan teknologi secara selektif, serta penciptaan lingkungan akademik yang kondusif. Rekomendasi strategis yang dihasilkan meliputi penguatan kapasitas tenaga pendidik, diversifikasi pendanaan, modernisasi infrastruktur, integrasi teknologi berbasis nilai Islam, dan penguatan budaya akademik yang mendukung pembentukan karakter peserta didik.


 

Keywords

Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Pengelolaan Sumber Daya Strategi Optimalisasi

Article Details

References

  1. Afkari, Sulistiyowati Gandariyah, H. Imam Subekti, Jogie Suaduon, Parida Parida, Aziwantoro, Juni, Maisah, Maisah, & Jamrizal, Jamrizal. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 498–513. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.58
  2. Afor, Saiful, Arkiang, Fajeri, Ola, Maruf Ishak, & Yanti, Siti Ida. (2022). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.589
  3. Akbar, Hilda Marwani, & Jamilus, Jamilus. (2024). Penilaian Kinerja dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 152. https://doi.org/10.35906/jurman.v10i1.1987
  4. Aziz, M. Thoriq, & Chamami, M. Rikza. (2025). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SALAF DI ERA MODERN (STUDI: DI PONDOK PESANTREN AL FADLLU KALIWUNGU, KENDAL). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 2(1), 794–803. Retrieved from https://e-jurnal.jurnalcenter.com/index.php/micjo
  5. Diantoro, Fery. (2020). Implementasi Manajemen Personalia Pendidikan Islam Berbasis Pengabdian di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Jawa Timur. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–154. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-08
  6. Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et. a. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
  7. Hajri, Muhammad Fatkhul. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj : Jurnal Studi Humaniora, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
  8. Hilmiyah, & Husnussaadah. (2024). OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN ISLAM MENCAPAI EFISIENSI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 22–30. Retrieved from https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
  9. Iba, Zainuddin, & Wardhana, Aditya. (2023). Metode Penelitian. In Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
  10. Khowim, Imam. (2022). Pendekatan Dan Tantangan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Innovative (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian), (2), 69–83. Retrieved from https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/364/262
  11. Kurniawati, Etik. (2020). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP IT DARUSSALAM SRAGEN. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(1), 28–56.
  12. Lubis, Irham, Lubis, Saiful Akhyar, & Saputra, Edi. (2020). Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qismulaly Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tazzaky, 3(1), 88–106. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/64167622/KOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU-libre.pdf?1597306495=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DKOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU_DI_MADRASAH.pdf&Expires=1664729951&Signature=KIXTaoKeB0OCApgd-6RsR3JfAupnmwYYKsn
  13. Nurhalim, Iim. (2020). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Kepemimpinan Islami. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 149–179. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1160
  14. Nuroini, Dina Afifah, Setiyawati, Putri Sulis, Umah, Shoffi Rohmatul, Wasifaul Qolbi, Syahroni, & Latifah, Eny. (2024). Inovasi Pengelolaan Zakat Dan Wakaf. JISEF : Journal Of International Sharia Economics And Financial, 2(02), 107–118. https://doi.org/10.62668/jisef.v2i02.1145
  15. Pujiharti, Endang Sih. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif Di Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 54–76.
  16. Riyuzen. (2020). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Isla, 8(2), 145–165. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.594
  17. Rukminingsih, Adnan, Gunawan, & Latief, Mohammad Adnan. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Yogyakarta: Erhaka Utama (Vol. 53).
  18. Saharani, Dinar. (2022). Inovasi Pembelajaran Pesantren pada Masa Covid 19. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.19
  19. Setiawan, Bagus, & Shaleh, Shaleh. (2023). Akuntabilitas Sebagai Prinsip Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 171–176. https://doi.org/10.54259/akua.v2i3.1765
  20. Siregar, Jailani Syahputra. (2021). Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfatih.v1i2.54
  21. Snyder, Hannah. (2021). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
  22. Sondari, Elis Siti, & Anwar, Cecep. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 11(02), 124–134. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/12815
  23. Yasin, Agus., Febrianawati, Wiwik Dwi, & Fahmi, Bahrudin. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. El-Wasathiya, 10(02), 1–17.
  24. Yusaini, Adi Prakoso, Wahyu, & Sulastri. (2023). Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 194–215. https://doi.org/10.32505/azkiya.v
  25. Zulfahji, & Usiono. (2024). Manajemen Pendidikan Islam : Landasan Filosofis Dan Praktis ( Pendekatan Systematic Literature Review ). Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i2.9690