Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen pembelajaran berbasis sumber daya dalam pendidikan Islam untuk mengoptimalkan pemanfaatan tenaga pendidik, pendanaan, sarana, teknologi, dan lingkungan pembelajaran. Kompleksitas pengelolaan sumber daya tersebut memerlukan pendekatan konseptual yang menyeluruh serta strategi implementasi yang sistematis. Dengan metode kajian pustaka dan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai referensi ilmiah, termasuk artikel jurnal, buku akademik, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sumber daya pendidikan Islam mencakup optimalisasi peran guru sebagai pendidik dan teladan, sistem pembiayaan berbasis wakaf dan zakat, pengembangan infrastruktur Islami, pemanfaatan teknologi secara selektif, serta penciptaan lingkungan akademik yang kondusif. Rekomendasi strategis yang dihasilkan meliputi penguatan kapasitas tenaga pendidik, diversifikasi pendanaan, modernisasi infrastruktur, integrasi teknologi berbasis nilai Islam, dan penguatan budaya akademik yang mendukung pembentukan karakter peserta didik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Afkari, Sulistiyowati Gandariyah, H. Imam Subekti, Jogie Suaduon, Parida Parida, Aziwantoro, Juni, Maisah, Maisah, & Jamrizal, Jamrizal. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 498–513. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.58
- Afor, Saiful, Arkiang, Fajeri, Ola, Maruf Ishak, & Yanti, Siti Ida. (2022). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.589
- Akbar, Hilda Marwani, & Jamilus, Jamilus. (2024). Penilaian Kinerja dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 152. https://doi.org/10.35906/jurman.v10i1.1987
- Aziz, M. Thoriq, & Chamami, M. Rikza. (2025). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SALAF DI ERA MODERN (STUDI: DI PONDOK PESANTREN AL FADLLU KALIWUNGU, KENDAL). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 2(1), 794–803. Retrieved from https://e-jurnal.jurnalcenter.com/index.php/micjo
- Diantoro, Fery. (2020). Implementasi Manajemen Personalia Pendidikan Islam Berbasis Pengabdian di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Jawa Timur. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–154. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-08
- Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et. a. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
- Hajri, Muhammad Fatkhul. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj : Jurnal Studi Humaniora, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
- Hilmiyah, & Husnussaadah. (2024). OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN ISLAM MENCAPAI EFISIENSI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 22–30. Retrieved from https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
- Iba, Zainuddin, & Wardhana, Aditya. (2023). Metode Penelitian. In Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
- Khowim, Imam. (2022). Pendekatan Dan Tantangan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Innovative (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian), (2), 69–83. Retrieved from https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/364/262
- Kurniawati, Etik. (2020). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP IT DARUSSALAM SRAGEN. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(1), 28–56.
- Lubis, Irham, Lubis, Saiful Akhyar, & Saputra, Edi. (2020). Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qismulaly Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tazzaky, 3(1), 88–106. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/64167622/KOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU-libre.pdf?1597306495=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DKOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU_DI_MADRASAH.pdf&Expires=1664729951&Signature=KIXTaoKeB0OCApgd-6RsR3JfAupnmwYYKsn
- Nurhalim, Iim. (2020). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Kepemimpinan Islami. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 149–179. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1160
- Nuroini, Dina Afifah, Setiyawati, Putri Sulis, Umah, Shoffi Rohmatul, Wasifaul Qolbi, Syahroni, & Latifah, Eny. (2024). Inovasi Pengelolaan Zakat Dan Wakaf. JISEF : Journal Of International Sharia Economics And Financial, 2(02), 107–118. https://doi.org/10.62668/jisef.v2i02.1145
- Pujiharti, Endang Sih. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif Di Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 54–76.
- Riyuzen. (2020). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Isla, 8(2), 145–165. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.594
- Rukminingsih, Adnan, Gunawan, & Latief, Mohammad Adnan. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Yogyakarta: Erhaka Utama (Vol. 53).
- Saharani, Dinar. (2022). Inovasi Pembelajaran Pesantren pada Masa Covid 19. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.19
- Setiawan, Bagus, & Shaleh, Shaleh. (2023). Akuntabilitas Sebagai Prinsip Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 171–176. https://doi.org/10.54259/akua.v2i3.1765
- Siregar, Jailani Syahputra. (2021). Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfatih.v1i2.54
- Snyder, Hannah. (2021). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
- Sondari, Elis Siti, & Anwar, Cecep. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 11(02), 124–134. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/12815
- Yasin, Agus., Febrianawati, Wiwik Dwi, & Fahmi, Bahrudin. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. El-Wasathiya, 10(02), 1–17.
- Yusaini, Adi Prakoso, Wahyu, & Sulastri. (2023). Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 194–215. https://doi.org/10.32505/azkiya.v
- Zulfahji, & Usiono. (2024). Manajemen Pendidikan Islam : Landasan Filosofis Dan Praktis ( Pendekatan Systematic Literature Review ). Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i2.9690
References
Afkari, Sulistiyowati Gandariyah, H. Imam Subekti, Jogie Suaduon, Parida Parida, Aziwantoro, Juni, Maisah, Maisah, & Jamrizal, Jamrizal. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 498–513. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.58
Afor, Saiful, Arkiang, Fajeri, Ola, Maruf Ishak, & Yanti, Siti Ida. (2022). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.589
Akbar, Hilda Marwani, & Jamilus, Jamilus. (2024). Penilaian Kinerja dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 152. https://doi.org/10.35906/jurman.v10i1.1987
Aziz, M. Thoriq, & Chamami, M. Rikza. (2025). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PONDOK PESANTREN SALAF DI ERA MODERN (STUDI: DI PONDOK PESANTREN AL FADLLU KALIWUNGU, KENDAL). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 2(1), 794–803. Retrieved from https://e-jurnal.jurnalcenter.com/index.php/micjo
Diantoro, Fery. (2020). Implementasi Manajemen Personalia Pendidikan Islam Berbasis Pengabdian di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Jawa Timur. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–154. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-08
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et. a. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Hajri, Muhammad Fatkhul. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj : Jurnal Studi Humaniora, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
Hilmiyah, & Husnussaadah. (2024). OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN ISLAM MENCAPAI EFISIENSI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 22–30. Retrieved from https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Iba, Zainuddin, & Wardhana, Aditya. (2023). Metode Penelitian. In Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Khowim, Imam. (2022). Pendekatan Dan Tantangan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Innovative (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian), (2), 69–83. Retrieved from https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/364/262
Kurniawati, Etik. (2020). MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP IT DARUSSALAM SRAGEN. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(1), 28–56.
Lubis, Irham, Lubis, Saiful Akhyar, & Saputra, Edi. (2020). Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qismulaly Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tazzaky, 3(1), 88–106. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/64167622/KOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU-libre.pdf?1597306495=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DKOMPETENSI_PROFESIONAL_GURU_DI_MADRASAH.pdf&Expires=1664729951&Signature=KIXTaoKeB0OCApgd-6RsR3JfAupnmwYYKsn
Nurhalim, Iim. (2020). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Kepemimpinan Islami. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 149–179. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1160
Nuroini, Dina Afifah, Setiyawati, Putri Sulis, Umah, Shoffi Rohmatul, Wasifaul Qolbi, Syahroni, & Latifah, Eny. (2024). Inovasi Pengelolaan Zakat Dan Wakaf. JISEF : Journal Of International Sharia Economics And Financial, 2(02), 107–118. https://doi.org/10.62668/jisef.v2i02.1145
Pujiharti, Endang Sih. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif Di Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 54–76.
Riyuzen. (2020). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Isla, 8(2), 145–165. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.594
Rukminingsih, Adnan, Gunawan, & Latief, Mohammad Adnan. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Yogyakarta: Erhaka Utama (Vol. 53).
Saharani, Dinar. (2022). Inovasi Pembelajaran Pesantren pada Masa Covid 19. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.19
Setiawan, Bagus, & Shaleh, Shaleh. (2023). Akuntabilitas Sebagai Prinsip Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 171–176. https://doi.org/10.54259/akua.v2i3.1765
Siregar, Jailani Syahputra. (2021). Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfatih.v1i2.54
Snyder, Hannah. (2021). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sondari, Elis Siti, & Anwar, Cecep. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 11(02), 124–134. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/12815
Yasin, Agus., Febrianawati, Wiwik Dwi, & Fahmi, Bahrudin. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. El-Wasathiya, 10(02), 1–17.
Yusaini, Adi Prakoso, Wahyu, & Sulastri. (2023). Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 194–215. https://doi.org/10.32505/azkiya.v
Zulfahji, & Usiono. (2024). Manajemen Pendidikan Islam : Landasan Filosofis Dan Praktis ( Pendekatan Systematic Literature Review ). Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i2.9690