Main Article Content
Abstract
Kecerdasan emosional mempunyai peran strategis dalam kehidupan manusia. Dengan kecerdasan emosional individu dapat mengenali, memahami, dan mengelola emosi dengan baik, membangun relasi yang positif, menangani stres, serta mengambil tindakan yang efektif. Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk mengkaji Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI-8 di SMAN 1 Pacitan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif melalui analisis studi kasus. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas XI-8 SMAN 1 Pacitan. Serta memanfaatkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek strategi yang digunakan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, yaitu dengan menciptakan model dan metode pembelajaran yang efektif, pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif, serta memberikan materi pembelajaran yang tepat. Selain meningkatkan empati dan motivasi siswa guru juga berupaya mengembangkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri siswa dengan memberikan bimbingan dan pendekatan yang efektif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Alwi, I. M., & Oktavian, U. P. (2022). Strategi Guru Fiqih dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Beribadah Siswa MA Nurul Fikri Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 52.
- Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
- Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
- Djiwandono, S. E. W. (2006). Psikologi Pendidikan. Grasindo.
- Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence. Bumi Aksara.
- Habsy, B. A., Putri, M. A., & Dkk. (2024). Hakikat Manusia dan Keterkaitannya dengan Pendidikan Serta Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat Life Long Education. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 326.
- Hendrawati, T. (2024). Media Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Penerbit Qriset Indonesia.
- Ikhwan, M., & Halim, A. (2023). Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 1 Pacet). Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(3), 33.
- Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
- Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.
- Setiawan, H., & Zakiah, S. (2022). Konsep Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 13.
- Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Sumiati, E. (2013). Strategi Pencapaian Quality Assurance Model Full Day School di SDIT Ar Rahmah Pacitan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif (Nurlaeli (ed.)). Holistika.
- Udayanti, L. M. (2020). Peran Spiritual & Emosional dalam Mengoptimalkan Aktualisasi Diri. Jurnal Amlampura, 11(2).
- Uno, H. B. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
References
Alwi, I. M., & Oktavian, U. P. (2022). Strategi Guru Fiqih dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Beribadah Siswa MA Nurul Fikri Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 52.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Djiwandono, S. E. W. (2006). Psikologi Pendidikan. Grasindo.
Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence. Bumi Aksara.
Habsy, B. A., Putri, M. A., & Dkk. (2024). Hakikat Manusia dan Keterkaitannya dengan Pendidikan Serta Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat Life Long Education. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 326.
Hendrawati, T. (2024). Media Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Penerbit Qriset Indonesia.
Ikhwan, M., & Halim, A. (2023). Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 1 Pacet). Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(3), 33.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.
Setiawan, H., & Zakiah, S. (2022). Konsep Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 13.
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumiati, E. (2013). Strategi Pencapaian Quality Assurance Model Full Day School di SDIT Ar Rahmah Pacitan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif (Nurlaeli (ed.)). Holistika.
Udayanti, L. M. (2020). Peran Spiritual & Emosional dalam Mengoptimalkan Aktualisasi Diri. Jurnal Amlampura, 11(2).
Uno, H. B. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.