Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan strategi pengembangan berkelanjutan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas program pengembangan kompetensi guru yang bersifat jangka pendek dan kurang terintegrasi dengan kebutuhan riil di lapangan. Padahal, guru PAI dituntut untuk tidak hanya menguasai materi keislaman secara mendalam, tetapi juga mampu menyampaikannya secara kontekstual dan relevan dengan kehidupan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber pustaka seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan berkelanjutan kompetensi guru PAI harus mencakup tiga aspek utama: peningkatan kapasitas keilmuan dan pedagogik, integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta penguatan karakter dan spiritualitas guru. Strategi yang efektif adalah program pelatihan berkelanjutan berbasis komunitas belajar, mentoring, serta kolaborasi dengan lembaga keagamaan dan pendidikan tinggi Islam. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan institusional yang mendukung program pengembangan kompetensi jangka panjang dan berkelanjutan bagi guru PAI.

Keywords

Pengembangan Berkelanjutan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Article Details

References

  1. Afiyanti, Y. (n.d.). No Title. Afiyanti, Y. (2005). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1).
  2. Ahmadi. (n.d.). N. Ahmadi, A., & Ubhiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan.
  3. Akip, M. (n.d.). No Title. Akip, M. (2024). Pendidikan Agama Islam. Penerbit Adab.
  4. Alka Kianda, A., Azwar, B., & Iswanto, R. (n.d.). No Title. Alka Kianda, A., Azwar, B., & Iswanto, R. (2024). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di SMA Negeri 04 .
  5. Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (n.d.). No Title. Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process Dan Science Activity Based Daily Life. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdaya.
  6. ari, M., & Asmendri, A. (n.d.). No Title. Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.
  7. Arsita, M., B. (n.d.). No Title. Arsita, M., Beddu, M. J., & Halim, A. (2024). A Konsep Kurikulum Merdeka Perspektif Hadis Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 381-397.
  8. Bhakti, C. P., & Maryani, I. (n.d.). No Title. Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106.
  9. Dalyono, B., & Agustina, D. A. (n.d.). No Title. Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Bangun Rekaprima, 2(2).
  10. Dwintari, J. W. (n.d.). No Title. Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51-57.
  11. Fahrudin, I. (n.d.). No Title. Fahrudin, I. (2018). Kompetensi Kepribadian Pendidik Perspektif Pendidikan Islam. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 130-144.
  12. Hoddin, M. S. (n.d.). No Title. Hoddin, M. S. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 15-30.
  13. Illahi, N. (n.d.). No Title. Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
  14. Khamami, A. R. (n.d.). Khamami, A. R. Khamami, A. R. (2014). Dialog Antar-Iman Sebagai Resolusi Konflik Tawaran Mohammed Abu-Nimer. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 14(2), 249-270.
  15. Khusna, R., & Priyanti, N. (n.d.). No Title. Khusna, R., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan Nsin Tk Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252-260.
  16. Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (n.d.). No Title. Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017, October). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. In Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-7).
  17. Mardani, D., S. (n.d.). No Title. Mardani, D., Susiawati, I., & Fathimah, N. S. R. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Demokratisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 25-36.
  18. Mubin, F., & Aziz, A. (n.d.). No Title. Mubin, F., & Aziz, A. (2020). Politik Pendidikan Islam Indonesia: Perlawanan Pesantren Terhadap Hegemoni Pendidikan Barat Era Kolonialisme Belanda. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 123-136.
  19. Muhimmah, I. (n.d.). No Title. Muhimmah, I. (2021). Implementasi Kurikulum PAI Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 1(3), 84-93.
  20. Ni’mah, Z. A. (2018). Menelisik Revitalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konsep Ibnu Al Qayyim Al-Jauziyyah (1292-1350 M). Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 2(2), 195–207. https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.725
  21. Nilasari, P., Saraswasta, I. W. G., Agustina, F. U., Ayu, V., Pratiwi, L. A., & Afriani, T. (n.d.). No Title. Nilasari, P., Saraswasta, I. W. G., Agustina, F. U., Ayu, V., Pratiwi, L. A., & Afriani, T. (2021). Upaya Pengembangan Sumber Daya Keperawatan Melalui CPD (Continuing Professional Development). Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 4(1), 58-71.
  22. Pertiwi, E. M., Rizal, S. U., & Muzakki, M. (n.d.). No Title. Pertiwi, E. M., Rizal, S. U., & Muzakki, M. (2023). Dinamika Learning Loss: Peran Guru Di Smp/Mts Kota Palangka Raya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2461-2466.
  23. Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M. (n.d.). No Title. Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. Selaparang, 6(1), 309-315.
  24. Saputro, M. N. A., & Hadi, B. (n.d.). No Title. Saputro, M. N. A., & Hadi, B. (2022). Pengembangan System Penjaminan Mutu Pendidik Untuk Menciptakan Seorang Pendidik Yang Professional. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3745-3764.
  25. Sari, Ana Kurnia, and M. S. (n.d.). No Title. Sari, Ana Kurnia, and Muhammad Sirozi. “Politik Pendidikan Islam Indonesia Masa Reformasi (1998-Sekarang).” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 10.1 (2023): 20-37.
  26. Soviya, O., & Hamami, T. (n.d.). No Title. Soviya, O., & Hamami, T. (2024). Kompetensi Profesional Guru PAI Pasca Sertifikasi Di SMP Negeri Sek-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(1), 203-214.
  27. Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (n.d.). No Title. Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Dan Pembelajaran Di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2.
  28. Vhalery, R., S. (n.d.). No Title. Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.