Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metodologi ilmiah sebagai fondasi dalam merancang pendidikan Islam yang kontekstual dan relevan dengan perkembangan zaman. Dalam hal ini, filsafat C.A. van Peursen menawarkan kerangka berpikir yang unik melalui tiga tahapan kebudayaan: mitis, ontologis, dan fungsional, yang dapat dijadikan dasar untuk memahami dinamika pendidikan dalam konteks sosial dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif-analitis. Data diperoleh dari buku, artikel ilmiah, dan karya-karya Van Peursen yang relevan. Analisis dilakukan dengan menelaah isi, mengidentifikasi konsep kunci, dan menginterpretasikan makna secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Van Peursen dapat digunakan untuk mengembangkan metodologi pendidikan Islam yang tidak hanya bersifat kognitif dan tekstual, tetapi juga mempertimbangkan konteks budaya dan realitas sosial peserta didik. Melalui pendekatan ini, pendidikan Islam dapat membentuk manusia yang tidak hanya beriman, tetapi juga mampu berpikir reflektif dan bertindak secara fungsional dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, metodologi ilmiah berbasis filsafat Van Peursen sangat relevan untuk pengembangan pendidikan Islam kontekstual masa kini.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abduh, M., & Kerwanto. (2023). RELEVANSI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR TENTANG INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. EDUMULYA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(02), 8–24.
- Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130–141.
- Albert, A., Putra, J. N., & Purnomo, S. (2022). PERSPEKTIF METAFISIS RELASI ALAM DAN MANUSIA MENURUT C. A. VAN PEURSEN. LUMEN VERITATIS: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 13(1), 1–9.
- Checkland, P. (1993). Berpikir Sistem, Praktek Sistem. (John Wiley, ed.). New York.
- Dongoran, R., & Siregar, M. (2025). PEMIKIRAN HARUN NASUTION (RELIGIUS-RASIONAL) TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. SHAF: JURNAL SEJARAH, PEMIKIRAN DAN TASAWUF, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.59548/js.v2i2.339
- Kardi, Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Tipologi Integrasi Ilmu Agama dalam Pemikiran Islam Kontemporer. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 201–206.
- Khairanis, R., & Aldi, M. (2024). Relevansi Filsafat Ilmu di Era Revolusi Industri 5.0: Sebuah Analisis Fenomenologis. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 87–97.
- Khalid, A. S. binti. (2020). Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam. Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, 21(1), 35–50.
- Khoiriyah, T. E., Hakiman, & Aminudin. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual di Sekolah Dasar Alam. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 62–71.
- Luthfiyah, & Na’imah, F. U. (2023). PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DAN RELEVANSINYA DI ERA 5.0. Educatia: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 13(1), 259–277.
- Milasari, Badarussyamsi, & Syukri, A. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217–228.
- Mubarok, H., & Mansur, A. (2023). INTEGRASI SAINS DENGAN AGAMA DAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NIDHAL GUESSOUM. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(3), 296–305.
- Muliadi. (2020). FILSAFAT UMUM (Busro, ed.). Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
- Nathanael, J., & Sutanto, A. (2023). PENGARUH KEBERADAAN MAKAM DAN MITOSNYA TERHADAP KEBERTAHANAN WARGA DI DESA BEDONO. Jurnal STUP : Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur, 5(2), 949–958. https://doi.org/10.24912/stupa.v5i2.24246
- Peursen, C.A Van. (2014). FILSAFAT ILMU. Malang: Universitas Brawijaya Press.
- Peursen, Cornelis Antonie Van. (1988). Strategi Kebudayaan. In 2. Yogyakarta: PT. Kanisius.
- Putri, I. S. (2021). Pengaruh Budaya Menurut C.A VAN PEURSEN Dalam Tinjauan Filsafat Kultur Indonesia. 1–23.
- Qomarudin, A., Maslahah, & Maulida, A. Z. (2022). Mystical , Ontological , and Functionalist According to Cornelis Anthonie Van Peursen in The Theory of Philosophy of Science. SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(4), 549–556. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1088
- Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., … Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra, ed.). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
- Ratnasari, A., & Dwisusanto, Y. B. (2024). Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Kajian Filosofis. Jurnal Ilmiah Penelitian, 7(2), 195–208. https://doi.org/10.33510/marka
- Raven, D. (1992). Cognitive Relativism and Social Science. In Routledge (1st ed.). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429336515
- Renwarin, P. R. (2020). Filsafat, Teologi dan Pemajuan Kebudayaan. Jurnal Filsafat Dan Teologi, I(I), 1–22.
- Rohman, T. (2024). INTEGRASI PENDEKATAN METODOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS DAN APLIKASI DALAM KONTEKS MODERN. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 49–57.
- Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (1st ed.; S. T. Sumanti, ed.). Depok: PT Rajawali Buana Pusaka.
- Safarudin, R., Zulfamanna, Zulmuqim, & Zalnur, M. (2022). Analisis Filosofis Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(01), 770–783.
- Sholikah, N. F., & Faridi. (2024). Pengembangan Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 27–34.
- Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu dalam Penelitian Ilmiah dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 229–241.
- Sudarwati, & Andari, N. (2021). Kajian Mistis, Ontologis, dan Fungsional Legenda Makam Keramat di Surabaya sebagai Bentuk Perkembangan Budaya. Jurnal Ilmiah FONEMA Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 143–161.
- Sujalu, A. P., Ismail, Jumani, Emawati, H., & Milasari, L. A. (2021). ILMU ALAMIAH DASAR (1st ed.; Ulfa, ed.). Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=pVIlEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q&f=false
- Tresna, G. N. A. P. (2022). UPACARA TUMPEK WARIGA DI BALI DALAM PERSPEKTIF TEORI KEBUDAYAAN VAN PEURSEN. JURNAL PANGKAJA, 25(1), 81–91.
- Tsalitsah, I. M. (2024). INTEGRASI FILSAFAT, SAINS DAN AGAMA DALAM PEMIKIRAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 10(1), 64–77.
- Ubaidillah, M. F., Arifin, S., Misnawi, & Sya’roji. (2022). PEMBACAAN SURAH YUSUF, MUHAMMAD DAN AL-JIN DALAM TRADISI ROKAT RUMAH DI DUSUN BRUMBUNG, DESA BICORONG, KECAMATAN PAKONG, KABUPATEN PAMEKASAN. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 19423–19435.
- Umam, N., Khotimah, M., & Fuadi, A. I. (2024). MEMAHAMI KOMPLEKSITAS HUBUNGAN AGAMA DAN BUDAYA: SEBUAH KAJIAN KRITIS TERHADAP PENDEKATAN KONTEMPORER. Midaduna: Journal Islamic Studies, 1(1), 1–14.
- Wirian, O., Darajat, A., & Salminawati. (2022). Universitas Islam Negeri (UIN) Telaah Ontologis, Epistemologis Dan Aksiologis. AL-Ulum: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 1–13.
- Yassa, S., Hasby, M., & Wahyono, E. (2021). Strategi Pembelajaran Budaya dan Sistem Kepercayaan Masyarakat Bugis, Dari Mitos Ke Logos, Dan Fungsional (suatu Tinjauan Filsafat Budaya C.A. van Peursen). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(2), 797–813.
References
Abduh, M., & Kerwanto. (2023). RELEVANSI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR TENTANG INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. EDUMULYA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(02), 8–24.
Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130–141.
Albert, A., Putra, J. N., & Purnomo, S. (2022). PERSPEKTIF METAFISIS RELASI ALAM DAN MANUSIA MENURUT C. A. VAN PEURSEN. LUMEN VERITATIS: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 13(1), 1–9.
Checkland, P. (1993). Berpikir Sistem, Praktek Sistem. (John Wiley, ed.). New York.
Dongoran, R., & Siregar, M. (2025). PEMIKIRAN HARUN NASUTION (RELIGIUS-RASIONAL) TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. SHAF: JURNAL SEJARAH, PEMIKIRAN DAN TASAWUF, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.59548/js.v2i2.339
Kardi, Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Tipologi Integrasi Ilmu Agama dalam Pemikiran Islam Kontemporer. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 201–206.
Khairanis, R., & Aldi, M. (2024). Relevansi Filsafat Ilmu di Era Revolusi Industri 5.0: Sebuah Analisis Fenomenologis. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 87–97.
Khalid, A. S. binti. (2020). Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam. Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, 21(1), 35–50.
Khoiriyah, T. E., Hakiman, & Aminudin. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual di Sekolah Dasar Alam. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 62–71.
Luthfiyah, & Na’imah, F. U. (2023). PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DAN RELEVANSINYA DI ERA 5.0. Educatia: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 13(1), 259–277.
Milasari, Badarussyamsi, & Syukri, A. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217–228.
Mubarok, H., & Mansur, A. (2023). INTEGRASI SAINS DENGAN AGAMA DAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NIDHAL GUESSOUM. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(3), 296–305.
Muliadi. (2020). FILSAFAT UMUM (Busro, ed.). Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nathanael, J., & Sutanto, A. (2023). PENGARUH KEBERADAAN MAKAM DAN MITOSNYA TERHADAP KEBERTAHANAN WARGA DI DESA BEDONO. Jurnal STUP : Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur, 5(2), 949–958. https://doi.org/10.24912/stupa.v5i2.24246
Peursen, C.A Van. (2014). FILSAFAT ILMU. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Peursen, Cornelis Antonie Van. (1988). Strategi Kebudayaan. In 2. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Putri, I. S. (2021). Pengaruh Budaya Menurut C.A VAN PEURSEN Dalam Tinjauan Filsafat Kultur Indonesia. 1–23.
Qomarudin, A., Maslahah, & Maulida, A. Z. (2022). Mystical , Ontological , and Functionalist According to Cornelis Anthonie Van Peursen in The Theory of Philosophy of Science. SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(4), 549–556. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1088
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., … Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra, ed.). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ratnasari, A., & Dwisusanto, Y. B. (2024). Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Kajian Filosofis. Jurnal Ilmiah Penelitian, 7(2), 195–208. https://doi.org/10.33510/marka
Raven, D. (1992). Cognitive Relativism and Social Science. In Routledge (1st ed.). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429336515
Renwarin, P. R. (2020). Filsafat, Teologi dan Pemajuan Kebudayaan. Jurnal Filsafat Dan Teologi, I(I), 1–22.
Rohman, T. (2024). INTEGRASI PENDEKATAN METODOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS DAN APLIKASI DALAM KONTEKS MODERN. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 49–57.
Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (1st ed.; S. T. Sumanti, ed.). Depok: PT Rajawali Buana Pusaka.
Safarudin, R., Zulfamanna, Zulmuqim, & Zalnur, M. (2022). Analisis Filosofis Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(01), 770–783.
Sholikah, N. F., & Faridi. (2024). Pengembangan Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 27–34.
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu dalam Penelitian Ilmiah dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 229–241.
Sudarwati, & Andari, N. (2021). Kajian Mistis, Ontologis, dan Fungsional Legenda Makam Keramat di Surabaya sebagai Bentuk Perkembangan Budaya. Jurnal Ilmiah FONEMA Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 143–161.
Sujalu, A. P., Ismail, Jumani, Emawati, H., & Milasari, L. A. (2021). ILMU ALAMIAH DASAR (1st ed.; Ulfa, ed.). Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=pVIlEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q&f=false
Tresna, G. N. A. P. (2022). UPACARA TUMPEK WARIGA DI BALI DALAM PERSPEKTIF TEORI KEBUDAYAAN VAN PEURSEN. JURNAL PANGKAJA, 25(1), 81–91.
Tsalitsah, I. M. (2024). INTEGRASI FILSAFAT, SAINS DAN AGAMA DALAM PEMIKIRAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 10(1), 64–77.
Ubaidillah, M. F., Arifin, S., Misnawi, & Sya’roji. (2022). PEMBACAAN SURAH YUSUF, MUHAMMAD DAN AL-JIN DALAM TRADISI ROKAT RUMAH DI DUSUN BRUMBUNG, DESA BICORONG, KECAMATAN PAKONG, KABUPATEN PAMEKASAN. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 19423–19435.
Umam, N., Khotimah, M., & Fuadi, A. I. (2024). MEMAHAMI KOMPLEKSITAS HUBUNGAN AGAMA DAN BUDAYA: SEBUAH KAJIAN KRITIS TERHADAP PENDEKATAN KONTEMPORER. Midaduna: Journal Islamic Studies, 1(1), 1–14.
Wirian, O., Darajat, A., & Salminawati. (2022). Universitas Islam Negeri (UIN) Telaah Ontologis, Epistemologis Dan Aksiologis. AL-Ulum: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 1–13.
Yassa, S., Hasby, M., & Wahyono, E. (2021). Strategi Pembelajaran Budaya dan Sistem Kepercayaan Masyarakat Bugis, Dari Mitos Ke Logos, Dan Fungsional (suatu Tinjauan Filsafat Budaya C.A. van Peursen). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(2), 797–813.