Main Article Content

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru dituntut agar mampu menggunakan media pembelajaran, yang mengikuti perkembangan zaman, dan sesuai dengan kondisi siswa. Nabi saw dalam mendakwahkan ajarannya sudah menggunakan media, meski masih sederhana. Artikel  ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media dalam perspektif hadis. Artikel ini menggunakan metode deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan kesesuaian teori tentang media pembelajaran dengan penggunaan media dalam Hadis. Data dikumpulkan melalui buku , kemudian di analisis dengan dideskripsikan. Penelitian menemukan bahwa banyak hadis-hadis nabi yang sejalan dengan teori tentang penggunaan media di zaman sekarang seperti penggunan media audio, visual, sampai kepada media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Diharapkan setelah membaca tulisan ini, guru semakin memahami betapa pentingnya penggunaan media dalam pandangan Islam. Karena dengan menggunakan media yang tepat, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Keywords

Implementasi Media Pembelajaran Hadist

Article Details

References

  1. Al-Ghazali, Imam. Ihya' Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2001.
  2. Asnawir, & Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran Islami. Jakarta: Kencana, 2018.
  3. Ahmad bin hambal, musnad imam Ahmad bin hambal, Jilid 50, Syu’ib Ar Nuawwath, (Muassah Risalah; 1420 H, 1999 M) h 467
  4. Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1990
  5. Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
  6. Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
  7. HR. Abu Husain Muslim Bin Hajjah Bin Muslim Al Qusyairy An Naisaburi, Jami’ Sahih Muslim Juz 8 dalam 4 jilid, (Beiruet; Dar Al-Jiil), h 90
  8. HR. Abu Abdillah Muhammad Bin Ismail Bin Ibrahim Bin Mughirah Al-Bukhari, Jami’ Al-Musnad Sahih Mukhtasar Jilid 9, Muhammad Zahira Bin Nasir,(Dar Tuq An-Najah; Cetakan 1) 1422 H. h 220).
  9. HR. Abu Husain Muslim Bin Hajjah Bin Muslim Al Qusyairy An Naisaburi, Jami’ Sahih Muslim Juz 8 dalam 4 jilid, (Beiruet; Dar Al-Jiil), h 38
  10. Irawan, R., & Pd, M. (2022). Konsep Media Dan Teknologi Pembelajaran. EUREKA MEDIA AKSARA, SEPTEMBER 2022 ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH NO. 225/JTE/2021 Redaksi:, 1–131. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/557905-konsep-media-dan-teknologi-pembelajaran-c9370c8b.pdf
  11. Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
  12. Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
  13. Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
  14. Shaleh, Abdurrahman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Rajawali Press, 2006.
  15. Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.