Implementasi Prinsip Educational Role Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries

Rom Ubaidillah Muhammad, Sukirno Sukirno

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsip educational role/prinsip peran pendidikan yang di terapkan oleh Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries. Teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Metode Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Deskripsi hasil penelitian menggunakan teori tahapan implementasi dari Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti dalam buku implementasi kebijakan publik. Tahapan tersebut yaitu: kebijakan: tujuan dan sasaran, keluaran dan kebijakan, implementor, kelompok sasaran, dampak jangka pendek, menengah dan jangka panjang, dan kinerja implementasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peran pendidikan di Perpustakaan FK UGM di implementasikan dengan program kerja pelatihan literatur searching, update modul literatur searching, bedah buku karya dosen FK, dan penyediaan fasilitas teknologi informasi untuk pembelajaran berupa fasilitas wifi, koleksi referensi online dan teknologi RFID Circulation Assistant.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 13 times