Kualitas Layanan Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi Mahasiswa Difabel

Baiq Sulfiana(1*)
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20885/unilib.vol9.iss1.art4

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kualitas layanan perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi mahasiswa difabel. Metode LibQual digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu service affect (kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani), library as place (fasilitas dan suasana ruang perpustakaan), personal control (petunjuk dan sarana akses), dan information access (akses informasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan pada dimensi service affect dinilai sudah bagus. Dimensi library as place menunjukkan kualitas layanan sudah memenuhi kebutuhan pemustaka dari segi fasilitas yang ada. Dimensi personal control menunjukkan kualitas layanan berada pada kategori sedang, yang berarti bahwa tidak semua kualitas layanan yang ada sesuai dengan keinginan pemustaka. Dimensi information access menunjukkan kualitas layanan yang kurang memuaskan pemustaka, karena tidak semua pemustaka bisa memanfaatkan koleksi yang dilayankan. Pada kenyataannya, ada beberapa indikator dari keempat dimensi tersebut yang kurang mendapatkan hasil penilaian kualitas pelayanan yang bagus. Oleh karena itu, kualitas layanan Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta harus lebih ditingkatkan lagi agar memperoleh kualitas pelayanan yang semakin baik

Article Statistic

Abstract view : 92 times
PDF views : 97 times PDF views : 97 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF PDF

How To Cite This :