Main Article Content
Abstract
Penelitian masalah ketersediaan buku ajar koleksi suatu perpustakaan harus diselesaikan melalui suatu rumusan terlebih dahulu, sehingga prosedur penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mencari berbagai faktor penentu buku ajar koleksi perpustaakaan perguruan tinggi, sehingga pengadaan dapat dilakukan secara efektif dan efi sien. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan hasil yang diperoleh, bahwa buku ajar koleksi perpustakaan perguruan tinggi sangat ditentukan oleh lembaga induk perpustakaan yang telah mengeluarkan kebijakan, dengan memberi reward, bagi pengajar yang menghasilkan karya sebagai tambahan koleksi perpustakaan. Sedangkan kebijakan perpustakaan yang dilakukan dalam melakukan pengembangan koleksi melalui berbagai prosedur yang berurutan antara lain melakukan verifi kasi anggaran yang digunakan untuk pengadaan (pembelian, hadiah, penggandaan), evaluasi, penyiangan (weeding), dan perawatan koleksi buku