Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Mengetahui peran perpustakaan sekolah sebagai
salah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh membangun kesadaran membaca buku untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara nyata terhadap fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA maupun IPS di SMA Negeri 2 Ngaglik yang selanjutnya diambil sampel sebagai responden sebanyak 50 orang. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (acak sederhana). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara atau interview dan studi pustaka (library research). Adapun metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dari hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan: (1) Perpustakaan sekolah sangat berperan menjadi salah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan minat kunjungan siswa ke perpustakaan sangat tinggi yaitu dengan intensitas satu minggu sekali, semangat belajar siswa juga terlihat ketika siswa berusaha belajar secara mandiri dengan meminjam buku pelajaran di perpustakaan sekolah untuk menambah referensi buku mereka. (2) Cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa yaitu dengan mengubah perilaku atau mengurangi factor-faktor penghambat minat baca pada siswa, dengan menggunakan metode membaca yang lebih menyenangkan. (3) Hubungan kesadaran membaca buku dengan meningkatnya motivasi belajar terlihat dengan antusias siswa yang lebih menyukai membaca buku daripada bermain handphone atau gemar membaca buku di perpustakaan daripada kegiatan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyadari betapa pentingnya manfaat membaca buku terutama bagi seorang pelajar.