Membangun Kesadaran Aktif Membaca Pada Siswa Sma Dengan Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa

Riyadi Dwi Prasetya(1*)
(1) SMA Negeri 2 Ngaglik, Sleman
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Mengetahui peran perpustakaan sekolah sebagai

salah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh membangun kesadaran membaca buku untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara nyata terhadap fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA maupun IPS di SMA Negeri 2 Ngaglik yang selanjutnya diambil sampel sebagai responden sebanyak 50 orang. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (acak sederhana). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara atau interview dan studi pustaka (library research). Adapun metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dari hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan: (1) Perpustakaan sekolah sangat berperan menjadi salah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan minat kunjungan siswa ke perpustakaan sangat tinggi yaitu dengan intensitas satu minggu sekali, semangat belajar siswa juga terlihat ketika siswa berusaha belajar secara mandiri dengan meminjam buku pelajaran di perpustakaan sekolah untuk menambah referensi buku mereka. (2) Cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa yaitu dengan mengubah perilaku atau mengurangi factor-faktor penghambat minat baca pada siswa, dengan menggunakan metode membaca yang lebih menyenangkan. (3) Hubungan kesadaran membaca buku dengan meningkatnya motivasi belajar terlihat dengan antusias siswa yang lebih menyukai membaca buku daripada bermain handphone atau gemar membaca buku di perpustakaan daripada kegiatan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyadari betapa pentingnya manfaat membaca buku terutama bagi seorang pelajar.

Article Statistic

Abstract view : 20 times
PDF views : 30 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :