Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dalam Mengakses Informasi. Ada 3 (tiga) sub variabel untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pemustaka yaitu: 1. Access (mengakses informasi secara efektif dan efi sien), 2. Evaluation (mengevaluasi dan menganalisis informasi), dan 3. Use (menggunakan informasi). Untuk mengetahui hal ini penulis menggunakan standar literasi informasi model Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning yang dikeluarkan oleh International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA). Sebagai subjek penelitian adalah Anggota Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia yang aktif pada Tahun Akademik 2013/2014 sebanyak 6.793 orang, adapun untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Bilson Simmamora sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 orang responden, yang digunakan sebagai sampel pengambilan data. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, melihat dokumentasi, dan dengan menyebarkan angket sebagai instrumen utama. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pada sub variable access (mengakses informasi secara efektif dan efi sien) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,09 dan 3,06 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Nilai rata-rata pada sub variabel evaluation (mengevaluasi dan menganalisis informasi) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,26 dan 3,09 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Adapun nilai rata-rata pada sub variabel use (menggunakan informasi) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,17 dan 3,08 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Dengan hasil seperti di atas, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Dalam Mengakses Informasi termasuk dalam kategori baik. Untuk itu disarankan agar Direktorat Perpustakaan terus menyelenggarakan pendidikan pemustaka sebagai penambah kemampuan literasi informasi mereka dalam rangka menyikapi era informasi yang berkembang sangat pesat.

Article Details

Author Biography

Admiko Suharto, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan