Integrasi Perpustakaan Dan Kurikulum Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Nilai Indeks Prestasi Mahasiswa-Santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia

Imam Sahroni(1*)
(1) Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hadirnya fasilitas perpustakaan terhadap nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (UII) pada pergantian tahun akademik, yaitu semester genap 2011/2012 dan semester ganjil 2012/2013. Dalam hal ini juga dapat dilihat efektivitas program integrasi perpustakaan dengan kurikulum berbasis riset guna mendukung peningkatan nilai indeks prestasi mahasiswa dan misi perguruan tinggi menjadi World Class University (WCU). Data primer diambil dari mahasiswa-santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indosia (UII) angkatan 2009 (12 mahasiswa), 2010 (10 mahasiswa), dan 2011 (12 mahasiswa). Dari analisa data didapatkan hasil persentase kenaikan prestasi akademik mahasiswa-santri Pondok Pesantren UII angkatan 2009 (12 mahasiswa) mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 75 % (9 mahasiswa) dan 25 % (3 mahasiswa) mengalami penurunan. Untuk angkatan 2010 mengalami kenaikan nilai Indeks Prestasi sebanyak 70 % (7 mahasiswa) dan penurunan 30 % (3 mahasiswa). Untuk angkatan 2011 mengalami peningkatan nilai Indeks Prestasi sebanyak 52 % (7 mahasiswa) dan penurunan 42 % (5 mahasiswa).

Article Statistic

Abstract view : 24 times
PDF views : 17 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :