Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Perpustakaan : Studi Pemikiran Lasa Hs.

Anisa Sri Restanti(1*)
(1) Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Dewasa ini perpustakaan telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perpustakaan bukan sekedar tempat mengelola buku dan terbitan lain, namun juga mengelola sumber informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Perkembangan pemahaman khususnya manajemen perpustakaan di Indonesia tentu saja tidak terlepas dari peran aktif para pustakawan ataupun pemerhati dunia kepustakawanan. Lasa Hs merupakan salah satu pustakawan yang telah banyak melontarkan pemikiran kepustakawanan dalam bentuk buku, kamus, ensiklopedi, makalah, artikel, dan lainnya. Dengan produktivitas itu, beliau mampu menunjukkan bahwa pustakawan mampu berprestasi sejajar dengan jabatan fungsional lain.Dengan prestasi ini beliau mampu menduduki jabatan fungsional pustakawan utama, golongan IV/e dan purna tugas pada umur 65 tahun dengan angka kredit/prestasi nyata. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pemikiran Lasa Hs. Mengenai manajemen sumber daya manusia dalam kepustakawanan. Penelitian ini merupakan penelitian dokumen. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pemikiran Lasa Hs. menempatkan sumber daya manusia merupakan pilar utama dalam kegiatan perpustakaan; (2) fungsi manajemen sumber daya manusia menurut Lasa Hs. mencakup penyediaan staf, pengembangan sumber daya manusia, kompensasi, keselamatan dan kesehatan; (3) Lasa Hs. mempunyai pemikiran ke depan mengenai sumber daya manusia perpustakaan. Hal ini terlihat dari adanya kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh pustakawan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan sumber daya manusia perlu mendapat perhatian utama karena sumber daya ini merupakan sumber daya bergerak, sedangkan sumber daya lain merupakan benda mati. Oleh karena itu, sumber daya manusia ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya, yang hasilnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja perpustakaan. Pemikiran tentang manajemen sumber daya manusia perpustakaan ini terus dikembangkan melalui berbagai artikel, makalah, dan penulisan buku Manajemen Sumber Daya Manusia.

Article Statistic

Abstract view : 36 times
PDF views : 62 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :