Mengenal Perilaku Pemakai Perpustakaan

Suharti ,SIP(1*), Gaib Suawasana(2)
(1) Universitas Islam Indonesia
(2) Universitas islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Ketelitian dan kecermatan dalarn rnernberikan pelayanan pernakai harus dimiliki oleh petugas perpustakaan atau pustakawan. Pada sistern pelayanan terbuka terdapat 3 tahap perilaku pernakai yang harus dicermati. Pertarna saat pemakai rnencari surnber informasi (buku). Pemakai dalam rnernbolak-balik koleksi, sering rnerobohkan jajaran koleksi, mengubah susunan,menukar kartu buku yang satu dengan yang lain; mencabut kartu buku, buku ditinggalkan di rak yang lain dan sebagainya. Kedua, saat pemakai menemukan informasi koleksi yang dicari. Koleksi boleh dipinjam atau tidak, koleksi akan dipinjam atau tidak,  bila tidak maka akan terjadi pada pemnakai untuk rnenyembunyikan buku di jajaran yang lain, terjadi pengambilan sebagian isi buku, baik dengan rnenyobek, memotong, melepas jilidan, menyembunyikan di balik baju (kriminalitas koleksi). Ketiga pasca peminjaman. Perilaku pemakai pasca peminjaman mudah dilihat kejadian-kejadian bahwa pengguna sering rnenekuk buku, mernasukkan dalam tas yang sempit, untuk tudung kepala, melipat halaman, mencorat-coret, melepas label, merubah label dan sebagainya. Hal ini bila tidak dicermati akan merusak koleksi dan rnengganggu kelancaran pelayangan. Perilaku pemakai yang sering rnenyimpang dari ketentuan-ketentuan suatu perpustakaan memerlukan pemecahan dan penyelesaian, baik faktor teknis maupun nonteknis. Faktor teknis mencakup aspek perencanaan gedung atau ruang secara keseluruhan. Sedangkan faktor nonteknis mencakup aspek internal meliputi keterbatasan surnber daya manusia, intensitas pengguna, perilaku pengguna, dan kesernpatan. Diperlukan adanya suatu pernbenahan-pembenahan, baik secara internal maupun eksternal seperti pembinaan sdm, pendidikan pemakai, penyediaan sarana dan prasarana penunjang yang lain.

Keywords


perilaku pemakai, pembenahan perpustakaan

Article Statistic

Abstract view : 4 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :