Main Article Content

Abstract

Memasuki zaman digital yang segala sesuatunya beljalan secara cepat, siswa kemudian berpikir bahwa pergi ke perpustakaan atau mencari-cari informasi ke internet. Apalagi mayoritas siswa saat ini memilikigadgetyang terkoneksi internet, mereka berpikir sederhana bahwa dengan internet maka dalam hitungan detik, apapun informasi yang diinginkan dapat diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keberadaan pepustakaan dapat membantu siswa SMKN 13 Bandung dalam meraih prestasi akademik, mengetahui tingkat kunjungan, tujuan kedatangan dan persepsi siswa terhadap perpustakaan, mengetahui persepsi dan kesetujuan siswa tentang sistem serta program perpustakaan digital terintegrasi perpustakaan daerah jika diterapkan di SMKN 13 Bandung. Penelitian ini disusun melalui dua tahapan, studi literatur dan studi lapangan. Pada tahap studi literatur dikumpulkan berbagai informasi dan data mengenai prestasi akademik, perpustakaan, dan perpustakaan digital. Tahap studi lapangan dilakukan dengan teknik pengumpulan data survei (penyebaran angket). Berdasarkan hasil studi literatur dan survei, dapat disimpulkan bahwa: Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa SMKN 13 Bandung dalam meraih prestasi akademik. Tingkat kunjungan siswa SMKN 13 Bandung ke perpustakaan masih minim. Tujuan utama datang ke perpustakaan adalah untuk meminjam buku. Jenis buku yang sering dipinjam adalah buku penunjang sekolah. Mayoritas responden merasa kenyamanan perpustakaan masih pada taraf biasa saja. Beberapa hal yang perlu dibenahi agar perpustakaan dirasa lebih nyaman adalah kerapihan dan estetika ruangan, koleksi buku serta sikap pegawai perpustakaan. Mayoritas siswa SMKN 13 Bandung telah mengetahui sistem perpustakaan digital adalah sistem perpustakaan IT yang terintegrasi serta terkoneksi Internet dan setuju jika sekolah mengadakan program perpustakaan digital yang terintegrasi perpustakaan daerah

Keywords

Perpustakaan Kunjungan Prestasi Akademik

Article Details