Pengaruh Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Terhadap Prestasi Siswa MAN Tambakberas

Muhammad Zainal Asrori(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20885/unilib.vol7.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpustakaan sebagai pusat belajar terhadap prestasi siswa MAN Tambakberas. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif semi kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur dan kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 90 panelis yang terdiri dari dari 45 siswa yang sering mengunjungi perpustakaan MAN Tambakberas dan 45 siswa yang jarang ke perpustakaan MAN Tambakberas Jombang. Parameter yang diujikan meliputi nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan, nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan, dan kegiatan siswa selama di perpustakaan. Adapun hasil penelitian tentang nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan cukup tinggi dengan prosentase 18% siswa yang sering mengunjungi perpustakaan mampu mendapatkan nilai diatas 90. 82% siswa mendapatkan nilai di atas 75 dan 0% siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75. Dari responden diperoleh nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan dengan persentase 0% siswa mendapatkan nilai di atas 90, 88, 9% siswa mendapatkan nilai di atas 75, dan 11, 1% siswa mendapatkan nilai di bawah 75. Tidak semua siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi akan tetapi ada siswa yang hanya bermain/ bersantai dengan prosentase 44,4% siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi, 22,2% siswa yang berkunjung ke perpustakaan berkonsultasi tentang tugas, dan 33,3% hanya bersantai/ bermain ke perpustakaan. Dapat disimpulkan perpustakaan MAN Tambakberas sebagai pusat belajar berpengaruh terhapat prestasi siswa yang berkunjung.

Keywords


Perpustakaan, Pusat Belajar, Perpustakaan MAN

Article Statistic

Abstract view : 24 times
PDF views : 32 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :