Rekonstruksi Historis Tentang Kontribusi Aktor Intelektual Daulah Bani Umaiyyah Dalam Pengembangan Perpustakaan Islam Klasik

Mukhlis Mukhlis(1*)
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20885/unilib.vol7.iss1.art5

Abstract

Perpustakaan dalam konteks Islam beranjak dari tradisi teks dan konteks. Tradisi teks lebih awal dari tradisi konteks, yang dapat ditelusuri melalui tradisi agama Islam. Untuk mempelajari ataupun mengkaji suatu agama, maka paling tidak ada lima bentuk gejala agama yang perlu diperhatikan diantaranya adalah naskah-naskahlliteratur sumber ajaran. Perpustakaan Islam merupakan bagian dari sebuah peradaban Islam yang muncul serta mengalami perkembangan sejak awal Islam, yakni pada masa kenabian, masa Khulafa al-Rashidin, serta pada masa daulah-daulah Islam. Jika melihat dalam konteks historis, perkembangan perpustakaan Islam mengalami peningkatan yang signifikan pada masa daulah-daulah, sehingga tulisan ini memfokuskan pada perkembangan perpustakaan Islam pada masa Daulah Bani Umaiyyah. Hal tersebut dianggap penting karena selain para khalifah pada masa tersebut terlibat secara langsung atau berkontribusi besar dalam perkembangan perpustakaan, yang di dalamnya terdapat aktor-aktor yang berkontribusi atau punya andil besar di dalamnya, serta faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran perpustakaan Islam, sehingga hal tersebut menjadi menarik untuk dikaji secara eksploratif dengan pendekatan historis. Kemunduran dan kevakuman dalam dunia Islam diawali dengan jatuhnya wilayah-wilayah Muslim setelah terjadinya perang fisik saat melawan musuh-musuhnya, dan juga dari kalangan .umat Islam itu sendiri. Selain faktor manusia, kehancuran perpustakaan Islam juga disebabkan oleh gejala alam, sepeiti gempa bumi. Perlu ada kesadaran bersama bagi masyarakat untuk merekonstruksi pemikiran mereka bahwa kemajuan tidak dapat dicapai tanpa penguasaan ilmu pengetahuan. Salah satu pilar tersebut adalah tersedianya perpustakaan yang memadai sebagai sumber informasi.


Keywords


: Sejarah, Perpustakaan Islam, Aktor, Agama Islam, Bani Umaiyyah

Article Statistic

Abstract view : 33 times
PDF views : 21 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :