Main Article Content

Abstract

Perpustakaan yang sempurna yaitu perpustakaan yang dapat menyediakan sumber informasi yang lengkap, fasilitas yang memadai dan pelayanan yang maksimal. Semua faktor tersebut tidak luput dari kinerja seorang pustakawan dan staf perpustakaan yang mumpuni. Kedua unsur perpustakaan tersebut harus mempunyai kemampuan dan dedikasi yang tinggi dalam pengolahan bahan pustaka sebagai sumber informasi. Perawatan fasilitas-fasilitas pendukung akan mampu memberikan pelayanan yang baik. Sehingga pemustaka dapat memanfaatkan sumber informasi secara maksimal dengan nyaman. Tujuan Penelitian ini yaitu tentang evaluasi kinerja pustakawan dan staf perpustakaan terhadap kepuasan kepuasaan pemustaka di perpustakaan Darul Ma’arif (Madrasah Aliyah Swasta) MAS Sunan Pandanaran. Pelayanan pustakawan di perpustakaan Darul Ma’arif MAS Sunan Pandanaran akan diteliti dengan memakai metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data memakai  kuesioner. Setelah diadakan penelitian  secara umum kualitas pelayanan perpustakaan di Darul Ma’arif sudah memuaskan pemustaka dengan tingkat kepuasan senilai 71,90% sampai 80,48%. Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan, akses informasi, dan fasilitas yang ada di Madrasah Aliyah Swasta Sunan Pandanaran bisa ditingkatkan sesuai dengan Standar Nasional Perpustkaan yang berlaku di Indonesia. Degan meningkatkan ini semua penulis berharap kepuasan pengunjung dalam mengakses pertustakaan bisa maksimal.

 

Keywords

Perpustakaan Pelayanan Metode Bahan pustaka

Article Details