Main Article Content
Abstract
Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak dapat kita kesampingkan. Dalam perencanaan pembangunan gedung hendaknya memperhatikan berbagai kriteria agar perpustakaan bisa berjalan dengan optimal. Tata letak gedung perpustakaan akan sangat berpengaruh dengan rasio tingkat pengunjung. Gedung perpustakaan yang terlalu jauh dan tidak menarik akan menjadikan pengunjung malas untuk berkunjung dan tidak tertarik pada perpustakaan itu sendiri. Gedung perpustakaan yang baik hendaknya berada di lingkungan pusat kegiatan peserta didik, mudah dijangkau dan berada pada pada lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu, desain ruang perpustakaan juga harus dirancang secara khusus agar dapat menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tata letak gedung perpustakaan dengan jumlah pengunjung perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi evaluasi agar perpustakaan dapat berjalan seiring dengan tujuan yang ingin dicapainya. Dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, perpustakaan sekolah di SD Negeri Glagahombo 1 belum berjalan dengan baik yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah keberadaan perpustakaan yang terlalu jauh dari pusat kegiatan menjadikan peserta didik malas berkunjung ke perpustakaan.