Main Article Content

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern ini, peran perpustakaan seolah-olah mulai tergeser dengan adanya teknologi seperti internet,gaged,tablet dll. Bagi anak-anak atau siswa perpustakaan mungkin sudah hampir diabaikan karena media sosial sudah merambah semua kalangan masyarakat. Bahkan untuk membaca, menyelesaikan satu buah judul buku pun dirasa sangat berat dan memerlukan waktu yang sangat lama. Tetapi ketika membaca beberapa halaman bacaan yang tersedia di HP, tidak akan membuat bosan dan pasti akan se segera mungkin diselesaikan tanpa menunda waktu lagi.

Rumusan masalah karya tulis ini adalah (1) bagaimana agar siswa mau membaca lagi di perpustakaan (2) bagaimana menumbuhkan minat baca siswa di tengan-tengah perkembangan zaman (3) bagaimana deskripsi agar perpustakaan mampu menjadi bagian dari suatu sekolah yang penting. Data di peroleh dari pengamatan siswa di sekolah dan beberapa dilakukan dengan wawancara ketika siswa berada di rumah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peranan perpustakaan mulai tergeser dengan adanya perkembangan teknologi informasi (2) perpustakaan sangat penting bagi dunia pendidikan (3) kesulitan bagi seorang pustakawan untuk mengembalikan minat baca siswa.

Rekomendasi yang diajukan adalah (1) sebaiknya perpustakaan dikelola lebih baik lagi agar bias dapat menarik siswa untuk membaca (2) pustakawan sebaiknya benar-benar mempunyai keahlian khusus di bidang perpustakaan agar mampu bersaing dengan perkembangan zaman yang semakin modern

Keywords

teknologi informasi siswa minat baca

Article Details

Author Biography

Antuk Putri Idhamani, SDN Jogoyasan Ngablak Magelang

Perpustakaan

References

  1. Al-Nafisah, K., & Al-Shorman, R. A. (2011). Saudi EFL students’ reading interests. Journal of King Saud University - Languages and Translation, 23(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jksult.2009.07.001
  2. Basuki, S. (2013). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Universitas Terbuka.
  3. Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and
  4. learning permanency. Computers in Human Behavior, 95, 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035
  5. Chu, S. K. W., Tse, S. K., Loh, E. K. Y., & Chow, K. (2011). Collaborative inquiry project-based learning: Effects on reading ability and interests. Library & Information Science Research, 33(3), 236–243. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j. lisr.2010.09.008
  6. Hartinah, S. (2013). Metode Penelitian Perpustakaan. Universitas Terbuka.