Main Article Content
Abstract
Perpustakaan sekolah merupakan suatu institusi sumber belajar yang melakukan kegiatan mengelola dan menyimpan berbagai hasil karya tertulis yang tercetak maupun yang terekam yang dikelola oleh sekolah berdasarkan ketentuan – ketentuan tertentu yang telah ditetapkan guna mendukung kegiatan penelitian, pelestarian, pencarian informasi, maupun untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan yang dilakukan oleh para pemustaka. Pelayanan yang dilakukan secara prima dan bahan pustaka yang dikelola secara optimal oleh pustakawan, baik yang dikelola dengan sistem manual maupun yang sudah terotomatisasi secara langsung akan memberikan kepuasan bagi pemustaka, sehingga tujuan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka dapat tercapai dengan baik. Kegiatan penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas layanan yang berupa pemanfaatan fasilitas pelayanan yang dilakukan di Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Magelang dengan peningkatan kesadaran akan minat baca di kalangan siswa maupun pemustaka lainnya. Penulis dalam proses penelitian menggunakan metode penelitian kulitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik melihat langsung, wawancara dengan nara sumber atau observasi. Secara umum dengan penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan dan fasilitas koleksi bahan pustaka selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal oleh pengguna perpustakaan di SMA Negeri 4 Magelang. Untuk itu, berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan sebaiknya pemanfaatan fasilitas pelayanan diperpustakaan lebih ditingkatkan agar dapat termanfaatkan oleh pemustaka dengan maksimal.
Keywords
Article Details
References
- Allison, D. A. (2019). Academic library as learning space and as collection: A learning commons’ effects on collections and related resources and services. The Journal of Academic Librari-anship, 45(3), 305–314.
- Barnett, A. (2002). Libraries, community, and technology. North Carolina: McFarland and Company, Inc.
- Foster, & Gibbons. (2007). Studying students: The undergraduate research project at the University of Rochester. Chicago: Association of College and Research Libraries.
- Hartinah, S. (2013). Metode Penelitian Perpustakaan. Tangerang: Universitas Terbuka.
References
Allison, D. A. (2019). Academic library as learning space and as collection: A learning commons’ effects on collections and related resources and services. The Journal of Academic Librari-anship, 45(3), 305–314.
Barnett, A. (2002). Libraries, community, and technology. North Carolina: McFarland and Company, Inc.
Foster, & Gibbons. (2007). Studying students: The undergraduate research project at the University of Rochester. Chicago: Association of College and Research Libraries.
Hartinah, S. (2013). Metode Penelitian Perpustakaan. Tangerang: Universitas Terbuka.