Main Article Content

Abstract

Jantung dari pendidikan sekolah adalah perpustakaan. Pendidikan yang berkualitas senantiasa ditumbuhkembangkan melalui perpustakaan. Perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal apabila perpustakaan menyediakan berbagai informasi dari bahan pustaka yang dimiliki baik dalam bentuk cetak maupun terekam. Kelengkapan koleksi dan fasilitas yang tersedia sangat mempengaruhi daya tarik pemustaka untuk mengunjungi perpustakaan. Peningkatan jumlah pengunjung menunjukkan bahwa perpustakaan dapat memberikan pelayanan prima. Penggunaan software SLIMS memberikan kemudahan dalam pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Penelitian ini bertujuan untuk memahami unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa ke pe perpustakaan Puspa Cendekia. Metode penelitian yang digunakan observasi dan wawancara. Mengamati dan mencatat secara sistematik keadaan perpustakaan Puspa Cendekia dari berbagai sudut pandang seperti ruangan, koleksi yang dimiliki, fasilitas, pelayanan. Selain itu penulis juga melakukan wawancara dengan pustakawan dan beberapa siswa pengunjung perpustakaan. Penelitian ini membuktikan bahwa unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa karena pelayanan ramah, ruang perpustakan yang nyaman dengan adanya fasilitas AC, koleksi yang cukup lengkap, serta fasilitas yang memadai. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh minat kunjung pemustaka dipengaruhi oleh beberapa unsur, antara lain tersedianya koleksi yang cukup lengkap, ruangan yang nyaman, pelayanan pengguna sangat memuaskan. Namun ada juga kendala yang dihadapi pustakawan yaitu belum tersedianya jaringan internet, dana anggaran BOS sebesar 5% untuk perpustakaan belum terealisasi sepenuhnya, kurangnya kesadaran pengguna untuk mengembalikan buku ke rak sesuai dengan nomor klasifikasinya setelah mereka selesai membaca.

Keywords

perpustakaan pemustaka kunjungan perpustakaan Puspa Cendekia

Article Details

Author Biography

Husnatun Inabah, Sekolah Dasar Negeri Pakis

Perpustakaan

References

  1. Dahlan, A. (2019). Dahlan, Ade. 2006. Apa yang Membuat Perpustakaan Nyaman? FIB-UI. http://152.118.24.150/articles.php?article_id=10
  2. Fakoya-Michael, S. A., & Fakoya, M. B. (2020). Library usage by university accounting students: a comparison of contact and open distance learning institution in South Africa. Journal of Academic Librarianship, 46(1), 102093. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.102093
  3. Muthanna, A., & Sang, G. (2019). State of University Library: Challenges and Solutions for Yemen. Journal of Academic Librarianship,
  4. (2), 119–125. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.01.010
  5. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.
  6. Supardi, M. . (2006). Metodologi Penelitian. Yayasan Cerdas Prees.
  7. Suwarno, W. (2009). Psikologi Perpustakaan. Sagung Seto.