Main Article Content

Abstract

Keberadaan Perpustakaan sekolah pada saat ini sangat penting, terutama untuk sekolah yang terletak jauh dari pusat kota dan sulit mendapatkan jaringan internet. Hal ini menyebabkan perpustakaan sekolah dapat difungsikan dengan baik. Perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran dan sumber rujukan/referensi menyebabkan layanan dan koleksi perpustakaan harus selalu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan Penelitian dan kepuasan penggunanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik megumpulkan data yang terdiri atas : Observasi, Peneliti mengadakan pengamatan langsung di SD Negeri Mangunrejo; interview, Peneliti mewawancarai narasumber, dalam hal ini guru KL IV SD Negeri Mangunrejo, dan Studi Pustaka. Selain Observasi dan interview peneliti juga menggunakan beberapa sumber relevan sebagai referensi pengumpulan informasi baik berupa buku cetak maupun artikel ilmiah elektronik. Penulis menggunakan metode penelitian ini karena, penelitian ini mudah dilakukan dan dengan teknik ini peneliti mendapatkan data yang valid dan akuntabel. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang aktif menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sarana belajar dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini memotivasi siswa yang kurang aktif menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan layanan-layanan yang ada.

Keywords

perpustakaan nilai siswa

Article Details

References

  1. Agustin, A. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Perpus¬takaan sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Mulyosari Boyolali. Retrieved from https://www.academia.edu/9543081/ KARYA_ILMIAH_PENGARUH_PEMANFAATAN_ PERPUSTAKAAN_SEKOLAH_TERHADAP_ PRESTASI_BELAJAR_SISWA_KELAS_III_SD_ NEGERI_MULYOSARI_BOYOLALI
  2. Hartaty, A. (2017). Hubungan Antara Perpustakaan Sekolah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Perpustakaan Anjiran Kecamatan Sungai Raya. Retrieved from https://www.scribd.com/ document/391844830/Contoh-Karya-Ilmi¬ah-Ilmu-Perpustakaan-UT
  3. Hinchliffe, & Asher. (2015). All the data: Privacy, service quality, and analytics. In ALA Annual Conference & Exhibition. San Francisco: American Library Association. Retrieved from http://alaac15.ala.org/node/28724
  4. Oakleaf, M. (2018). The problems and promise of learning analytics for increasing and demon-strating library value and impact. Information and Learning Sciences, 119(1/2), 16–24. https:// doi.org/https://doi.org/10.1108/ILS-08-2017- 0080
  5. Robertshaw, M. B. (2018). The lock to the safe has been tampered with: Why FERPA & IRB aren’t enough to protect student data in higher education. In The Computer Campus: Integrating Information Systems and Services. Retrieved from https://www.niso.org/events/2018/08/ computer-campus-integrating-informa¬tion-systems-and-services
  6. Saleh, A. R., & Komalasari, R. (2011). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Sherriff, G., Benson, D., & Atwood, G. S. (2019). Practices, Policies, and Problems in the Management of Learning Data: A Survey of Libraries’ Use of Digital Learning Objects and the Data They Create. The Journal of Academic Librarianship, 45(2), 102–109. https://doi.org/ https://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.12.005.