Main Article Content

Abstract

Dalam sekolah posisi perpustakaan sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan karena banyaknya bahan pustaka yang disediakan. Untuk meningkatkan minat siswa-siswi agar gemar membaca, sebagai pustakawan harus bisa mendorong siswa untuk  belajar mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan yang disediakan di perpustakaan. Dalam penelitian ini, akan dibahas tentang cara melaksanakan pendidikan pemustaka di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kab. Magelang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana setelah dilaksanakan pendidikan pemakai siswa siswi maupun guru dalam menggunakan perpustakaan apakah sudah baik dan benar sesuai dengan apa yang diberikan dalam materi pendidikan pemakai di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik. Sehingga sebagai tolak ukur apakah pendidikan pemakai khususnya di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik perlu diadakan dalam satu tahun itu cukup sekali ataupun harus lebih, dikarenakan di kalangan siswa perpustakaan itu hanya sebagai tempat yang membosankan, sepi dan sebagai tempat hukuman dari guru bagi yang tidak mengerjakan tugas. Hasil riset membuktikan, bahwa ternyata masih banyak pemustaka yang masih awam dalam memanfaatkan perpustakaan dengan baik dan benar. Untuk itu pustakawan sebaiknya melaksanakan pendidikan pemustaka secara rutin, apalagi sekarang dengan beredarnya sumber informasi dan teknologi yang pegitu melesat sehingga pemustaka dan pustakawan tidak boleh ketinggalan dalam mendapatkan informasi yang terbaru atau mutakhir. Peneliti merekomendasikan selain adanya dukungan anggaran yang cukup, diperlukan juga dukungan moral bagi pustakawan dalam bentuk pengakuan antara lain dalam bentuk : (a) Pendidikan formal pustakawan ke jenjang yang lebih tinggi; (b) Pendidikan pengguna selalu diadakan, supaya pemustaka betul-betul memahami cara mencari informasi di perpustakaan dengan tepat dan efisien.

Keywords

Pendidikan Pemakai Pendidikan Pemustaka Layananan

Article Details

References

  1. Basuki, S. (2010). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Hartinah, S. (2013). Metode Penelitian Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
  3. Liu, Q., Lo, P., & Itsumura, H. (2016). Measuring the Importance of Library User Education: A Comparative Study Between Fudan University and the National Taiwan Normal University. The Journal of Academic Librarianship, 42(6), 644–654.
  4. Malley, I. (1984). The Basics of Information Skills Teaching. London: Clive Bingley.