Main Article Content

Abstract

Prestasi belajar adalah output dari proses belajar siswa di Sekolah. Proses belajar dapat dilakukan juga di Perpustakaan Sekolah. Siswa dapat memanfaatkan perpustakaan dengan berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan ataupun sekedar meminjam buku. Penelitian mengenai pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan menggunakan analisis kualitatif. Metode observasi digunakan untuk mengetahui siswa dalam mengunjungi dan meminjam buku dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil dari prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngablak 1 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang tahun 2019. Hasil penelitian meunjukan, jumlah kunjungan ke perpustakaan siswa kelas V pada semester 2 tahun 2019 sebanyak 1946 kali dan peminjaman sebanyak 717 kali. Pemanfaatan frekuensi berkunjung dan peminjaman terbanyak adalah GN, AN, GE dan US dengan rangking prestasi berurutan yaitu rangking 1, 2, 3 dan 4.

Keywords

Pemanfaatan Perpustakaan Prestasi Belajar Perpustakaan

Article Details

References

  1. Bafadal, I. (2006). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Bernacki, L, M., Greene, A, J., & Crompton, H. (2020). Mobile technology, learning, and achievement: Advances in understanding and measuring the role of mobile technology in education. Contemporary Educational Psychology, 60.
  3. Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  4. Hartinah, S. (2013). Metode Penelitian Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. R, D. G., Wang, C., & Berthelsen, D. (2016). Early school-based parent involvement, children’s self-regu¬lated learning and academic achievement: An Australian longitudinal study. Early Childhood Research Quarterly, 36(3), 168–177.