Evaluasi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di SDN Tegalrejo Magelang Jawa Tengah

Ery Susilorini* -  SDN TEGALREJO MAGELANG JAWA TENGAH
Kualitas layanan perpustakaan perpustakaan adalah kemampuan perpustakaan dalam mengelola perpustaakaan sehingga berdampak kepada peningkatan pengguna perpustakaan.Untuk meningkatkan agar siswa rajin dan menggunakan perpustakaan dengan baik maka tingkat pelayan perlu ditingkatkan.yaitu dengan menambah bahan koleksi dan mendesain tata ruang perpustakaan dengan baik, serta melalui promosi perpustakaan melalui brosur-brosur, sehingga terciptanys siswa gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja perpustakaan serta mengukur kepuasan pengguna perpustakaan di SDN Tegalrejo. Hasil riset membuktikan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Perpustakaan SDN Tegalrejo sudah  cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari grafik pengunjung dan peminjam mengalami peningkatan. Tersedianya cukup buku untuk dibaca, hal ini bisa dilihat dari koleksi buku di SDN Tegalrejo sudah mencapai 13.000 eksemplar. Dan pihak sekolah juga sudah menganggarkan dari dana BOS sebesar 25 % tiap tahunnya.Adanya hambatan bagi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan siswa di SDN Tegalrejo yang disebabkan oleh adanya kesibukan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar, kurangnya waktu yang dimiliki siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan kurangnya koleksi.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pustakawan lebih banyak belajar yang berkaitan dengan cara mengelola perpustakaan dengan baik.

Keywords : Pelayanan perpustakaan;kualitas perpustakaan

Unilib : Jurnal Perpustakaan         

Published by Directorate of LibraryIslamic University of Indonesia

Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844

Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
P-ISSN:1979-9527  |  E-ISSN: 2715-274x

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License