Main Article Content

Abstract

Layanan adalah suatu hal pokok yang harus ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah tentunya mempunyai karakter yang berbeda dari perpustakaan yang lain, yang tentunya juga konsep layanannya disesuaikan dengan katakter peserta didik. Tolok ukur keberhasilan perpustakaan adalah seberapa puas pustakawan akan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan baik untuk mencari informasi maupun pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana rekreasi dan penelitian. Perpustakaan Ganesha memiliki beberapa jenis layanan diantaranya; Layanan Informasi, Layanan Referensi, Layanan Sirkulasi, Layanan Serial, Layanan Baca Ditempat, Layanan Fotokopi, Layanan Bebas Pustaka, Layanan Bercerita, Layanan Anak, Layanan Pojok Baca, dan  Layanan Pemutaran Film. Layanan yang disediakan sudah terjadwal dengan berkala, sehingga perpustakaan Ganesha melaksanakan program layanan tersebut dengan tertib dan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan jenis layanan yang terdapat pada perpustakaan Ganesha. (2) Untuk mengevaluasi pengunjung dalam layanan perpustakaan.

Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi.Subjek penelitian ini adalah petugas perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada kecenderungan penurunan jumlah pengunjung dari bulan febuari 54,49% ke bulan april 16,77% . Hal ini disebabkan oleh persiapan ujian kelas XII serta  kurang beragamnya jumlah dan jenis sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul. Adanya sifat proaktif dari pustakawan terhadap mutu layanan yang diberikan kepada pemustaka juga turut andil dalam membuat daya Tarik untuk pemustaka agar berkunjung ke perpustakaan.

Keywords

Layanan jenis layanan Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis

Article Details

References

  1. Darmono. (2001). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Grasindo Eastwood.
  2. Lasa, H. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah/ Madrasah. Yogyakarta: Ombak.
  3. Sutarno. (2006). Manajemen Perpustakaan (2nd ed.). Jakarta: Sagung Seto.
  4. Vrabková, I., & Friedrich, V. (2019). The productivity of main services of city libraries: Using the example from the Czech Republic and the Slovak Republic. Library & Information Science Research, 41(3).