Main Article Content

Abstract

Semenjak berkembangkan academic social media dan non-academic social media yang diiringi dengan ledakan informasi telah memicu metode altmetrik dalam mengukur dampak artikel dengan indikantor yang cukup beragam, sehingga pengukur dampak artikel dengan indikantor sitasi yang selama ini digunakan telah dilampaui oleh altmetrik. Untuk itu, tulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep altmetrics dalam mengukur faktor dampak artikel melalui media sosial yang terbagi menjadi dua bagian academic social media dan non-academic social media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang menghimpun berbagai rujukan untuk diolah. Hasilnya menunjukan bahwa altmetrik dengan berbagai tools dalam menangkap data dari berbagai flatform media sosial dapat mengukur dampak dari artikel mulai dari aspek Usage, Captures, Mentioned, Citation, dan Social Media. Secara garis besar altmetrik dengan digerakan oleh mekanisme sistem ini lebih cepat dan cukup kompleks dalam mengungkap dampak artikel, tetapi rawan untuk terjadinya manipulasi data.

 

 

 

Keywords

Altmetrik faktor dampak Media sosial

Article Details

References

  1. Björneborn, L., & Ingwersen, P. (2004). Toward a basic framework for webometrics. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 55, 1216–1227.
  2. Champieux, R. (2015). PlumX. Journal of the Medical Library Association, 103(1), 63–64.
  3. Cho, J. (2017). A comparative study of the impact of Korean research articles in four academic fields using altmetrics. Performance Measurement and Metrics, 18(1), 38–51. https://doi.org/10.1108/PMM-02-2016-0005
  4. Dhiman, A. K. (2015). BibIiometrics to Altmetrics: Changing Trends in Assessing Research Impact. Journal of Library & Information Technology, 35(4), 310–315.
  5. Dutta, B. (2016). Altmetric Manifesto Completes Five Years (2010-2015). Current Science, 110(1), 17.
  6. Galligan, F. & Dyas-Correia, S. (2013). Altmetrics: Rethinking the Way We Measure. Serials Review, 39(1), 56–61.
  7. Gruzd, A. (2012). 2—Non-academic and academic social networking sites for online scholarly communities. In D. R. Neal (Ed.), Social Media for Academics (pp. 21–37). https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-681-4.50002-5
  8. Larivière, V., & Sugimoto, C. R. (2019). The Journal Impact Factor: A Brief History, Critique, and Discussion of Adverse Effects. In W. Glänzel, H. F. Moed, U. Schmoch, & M. Thelwall (Eds.), Springer Handbook of Science and Technology Indicators (pp. 3–24). https://doi.org/10.1007/978-3-030-02511-3_1
  9. McKiernan, E. C., Schimanski, L. A., Muñoz Nieves, C., Matthias, L., Niles, M. T., & Alperin, J. P. (2019). Use of the Journal Impact Factor in academic review, promotion, and tenure evaluations [Preprint]. https://doi.org/10.7287/peerj.preprints.27638v2
  10. Ollier-Malaterre, A., Rothbard, N. P., & Berg, J. M. (2013). When worlds collide in cyberspace: how boundary work in online social networks impacts professional relationships. The Academy of Management Review, 38(4), 645–669.
  11. Pattah, S. H. (2013). Pemanfaatan kajian bibliometrika sebagai metode evaluasi dan kajian dalam ilmu perpustakaan dan informasi. Khizanah Al-Hikmah 1(1), 11.
  12. Prasetyawan, Y. Y. (2018). Altmetrik sebuah Pengukuran Alternatif untuk Level Dampak dan Desiminasi Publikasi Ilmiah: Studi Kasus Mendeley. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.1-9
  13. Roemer, R. C. & Borchardt, R. (2015). Altmetrics. Chicago: Library Technology Reports.
  14. Rowland. F. (2002). The peer-review process. Learned Publishing, 15(4).
  15. Starbuck, E., & Purtee, S. (2017). Altmetric scores: Short-term popularity or long-term scientific importance. Digital Library
  16. Perspectives, 33(4), 314–323. https://doi.org/10.1108/DLP-01-2017-0005. Retrieved December 18, 2019, from https://www.plos.org/article-level-metrics
  17. Williams, A. E. (2017a). Altmetrics: An overview and evaluation. Online Information Review, 41(3), 311–317. https://doi.org/10.1108/OIR-10-2016-0294
  18. Williams, A. E. (2017b). Kudos: Bringing your publications to life? Information and Learning Science, 118(3/4), 114–119. https://doi.org/10.1108/ILS-01-2017-0005
  19. Williams, A. E. (2019). Exploring the utility of an emerging altmetric platform: A SWOT analysis of Plum Analytics. Digital Library Perspectives, 35(3/4), 193–204. https://doi.org/10.1108/DLP-08-2019-0031
  20. Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.