Main Article Content

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi antara lain perubahan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku masyarakat dalam mendapatkan informasi serta semakin tinggi tuntutan kebutuan informasi juga  sangat bervariasi. Peran lembaga informasi termasuk perpustakaan dalam mengembangkan kualitas layanan perpustakaan sebagai tuntutan kebutuhan informasi yang tidak dapat terhindarkan. Dalam dinamikanya perpustakaan tidak saja membangun kualitasnya dalam layanan konvensional dengan mengandalkan kepemilikan koleksi dan koleksi tercetaknya, namun perpustakaan harus mengalami metamorfosa membangun layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi kedalam era informasi. Dalam makalah ini mencoba mengkaji dengan memaparkan bagaimana modernisasi perpustakaan dalam membangun aksesibilitas informasi dalam ekosistem digital.

Dalam ekosistem digital perpustakaan menjadikan sentral dalam berbagai perubahan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menuntut layanan informasi yang cepat, tepat, mudah dan murah serta nyaman tanpa harus datang langsung perpustakaan dapat mengakses informasi. Berbagai factor penting dalam pengembangan perpustakaan digital yang perlu diperhatikan dalam pembahasan diatas adalah faktor manajemen perpustakaan digital itu sendiri. Implementasi demokrasi informasi sebagai bentuk perpustakaan perguruan tinggi dalam membangun keterbukaan informasi (open access) melalui pendekatan sistem informasi, kebutuhan informasi dan teknologi informasi maupun budaya. Keberhasilan sebuah pembagunanan perpustakaan digital tidak hanya pada masalah implementasi teknologi informasi saja namun juga dari berbagai pendekatan demokrasi informasi dalam upaya membangun aksesibilitas informasi.

Representasi demokrasi informasi perpustakaan dalam ekosistem digital  pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Malang antara lain (1) Penguatan dalam keterbukaan informasi dengan mengembangkan open access, (2) Modernitas teknologi dan aksesibilitas informasi ((3) Pengembangan layanan perpustakaan berbasis budaya Indonesia dan Humanisme. Dalam hal ini tugas perpustakaan adalah menghimpun, mengorganisasi, melestarikan dan mendesiminasikan koleksi beraneka ragam budaya Indonesia, membangun modernitas teknologi dan aksesibilitas informasi serta membangun jaringan kerjasama perpustakaan digital baik pada lingkup nasional dan internasional.

 

Keywords

perpustakaan demokrasi informasi ekosistem digital aksesibilitas informasi

Article Details

Author Biography

Hartono Hartono, Universitas Bung Karno Blitar

Perpustakaan