Main Article Content

Abstract

Pendahuluan. Artikel ini bermaksud untuk memberikan deskripsi mengenai proses pengembangan pelayanan bagi penyandang disabilitas di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul.

Metode Pengumpulan Data.  Menggunakan wawancara dan observasi dengan

Hasil dan Diskusi. Hasil artikel ini ini adalah Perpustakaan Ganesha telah melakukan pengembangan pelayanan publik berupa membuka layanan bagi pemustaka luar sekolah SMA N 1 Jetis Bantul. Pelayanan tersebut yaitu pendampingan belajar bagi siswa disabilitas tunanetra yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah. Dalam penelitian ini pengembangan pelayanan perpustakaan dilihat dengan menggunakan teori inovasi, sehingga dapat dilihat bahwa Perpustakaan Ganesha telah melakukan usaha inovasi pelayanan dalam aspeks sebagai berikut: inovasi pelayanan karena telah melaksanakan sesuai tipoloi inovasi yaitu melakukan inovasi pada produk layanan, proses pelayanan, metode pelayanan, inovasi kebijakan, dan inovasi sistem pelaksanaan. Faktor yang mempengaruhi pengembangan pelayanan yaitu kepemimpinan, budaya inovasi, pengembangan keahlian, kemitraan, kinerja inovasi dan jaringan.

Kesimpulan. Perpustakaan sekolah umumnya memberikan pelayanan untuk pemustaka yang berada pada sekolah saja, namun Perpustakaan Ganesha melakukan pengembangan dan inovasi pelayanan perpustakaan yaitu dengan pendampingan belajar pada pemustaka tunanetra dari Yaketunis Yogyakarta.

 

Kata Kunci

Keywords

Pengembangan Pelayanan Perpustakaan Perpustakaan Sekolah Pemustaka Penyandang Disabilitas

Article Details

References

  1. Aziz, S. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi Bagi 8 Pemustaka Difabel. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
  2. Basuki, S. (2010). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Himayah. (2013). Layanan dan Pelayanan Perpus¬takaan : Menjawab Tantangan Era Teknologi Informasi. Jurnal Khizanah Al-Hikmah, 1(1).
  4. HS, L. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Ombak.
  5. Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalia. Jakarta: Salemba Empat.
  6. Muluk, M. R. K. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia Publishing.
  7. Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.