Main Article Content

Abstract

Plagiarisme dapat diminimalisir dengan menggunakan software aplikasi Turnitin. Software ini berfungsi untuk mendeteksi persamaan kata dan kalimat yang terdapat pada karya tulis mahasiswa, sehingga kelihatan keaslihanya (originil) atau tidak. Masalah ini perlu dilakukan penelitian dengan tujuan  untuk mengetahui peran software Turnitin dalam melakukan deteksi plagiarisme karya tulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan junlah sampel  yang diambi sebanyak empat puluh paper tugas akhir mahasiswa. Data dianalisa secara diskritif kuantitatif dan menggunakan uji t sehingga diperoleh kesimpulan (1) Pemahaman plagiarisme terjadi peningkatan setelah karya tulis mahasiswa dilakukan deteksi dengan menggunakan sodtware Turnitin; (2) peran software Turnitin signifikan dalam meminimalisir plagiarisme mahasiswaa dengan nilai p-value=0.000 lebih kecil dari pada 0.05 (pvalue=0.000<0.05) dengan kontribusi sebesar 67.8% karena dipengaruhi oleh faktor persamaan kata atau kalimat yang diambil dari repositori, jurnal online, web dan blog yang beredar di dunia maya.

Keywords

Turnitin deteksi plagiarisme

Article Details

References

  1. Afdhal; Taufan Chalis; Tauiq A. Gani. (2014). Analisa Perbandingan Aplikasi Pendeteksi Plagiat Terhadap Karya Ilmiah. Seminar Nasional Dan Expo Teknik Elektro, May, 193–199. Diakses pada tanggal 2-1-2020 dari https://www.researchgate.net
  2. Andayani, U. (2017). Penggunaan Software TurnitiIn Untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme. Penggunaan Software Turn It In Untuk Mendeteksi Tindakan Plagia¬risme, 16(1), 33–40. Diakses pada tanggal 3-1-2020 dari journal.uinjkt.ac.id
  3. Aziz, L. A., Irhandayaningsih, A., & Kurniawan, A. T. (2015). Upaya Perpustakaan dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa (Studi Kasus di UPT Perpus¬takaan UNIKA Soegijapranata). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 1–13. Diakses pada tanggal 12-1-2020 dari https://ejournal3. undip.ac.id
  4. Carnero, A. M., Mayta-Tristan, P., Konda, K. A., Mezones-Holguin, E., Bernabe-Ortiz, A., Alvarado, G. F., Canelo-Aybar, C., Maguiña, J. L., Segura, E. R., Quispe, A. M., Smith, E. S., Bayer, A. M., & Lescano, A. G. (2017). Plagiarism, Cheating and Research Integrity: Case Studies from a Masters Program in Peru. Science and Engineering Ethics, 23(4), 1183–1197. https://doi. org/10.1007/s11948-016-9820-z
  5. Hecker, N. C. (2012). Mitigating Plagiarism In Large Introductory Courses In Higher Education [The University of Alabama]. Diakses pada tanggal 5-1-2020 dari ir.ua. edu
  6. Https://www.d2l.com/partners/directory/ turnitin-iparadigms. Diakses pada tanggal 22-1-2020
  7. Https://www.turnitin.com. Diakses pada tanggal 21-1-2020
  8. Jereb, E., Perc, M., Lämmlein, B., Jerebic, J., Urh, M., Podbregar, I., & Šprajc, P. (2018). Factors influencing plagiarism in higher education: A comparison of German and slovene students. PLOS ONE, 13(8), 1–16. https://doi.org/10.1371
  9. Jones, K. O. (2008). Practical Issues for Academics Using the Turnitin Plagiarism Detection Software. Proceedings of the 9th International Conference on Computer Systems and Technologies and Workshop for PhD Students in Computing, CompSysTech’08, March. https://doi.org/10.1145/1500879.1500935
  10. Lewis, N. P. (2007). Paradigm Disguise: Systemic Influences On Newspaper Plagiarism [University of Maryland]. In Dissertation. Diakses pada tanggal 2-11-2019 dari https://drum.lib.umd.edu
  11. Manunggal, Y. C., & Christiani, L. (2018). Pemanfaatan Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan Turnitin® Pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 231–240. Diakses pada tanggal 4-1-2020 dari https:// ejournal3.undip.ac.id.
  12. Mohtar, W. H. M. W., Aima, A. . A., Abdullah, N. A., Yusoff, N. I. M., & Mutalib, A. A. (2018). Kesedaran dan Kelakuan Pelajar Prasiswazah Terhadap Aktiviti Plagiat dalam Penulisan Akademik. AJTLHE, 10(1), 1–23. Diakses pada tanggal 24-3-2020 dari ejournals.ukm.my/ajtlhe
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia No. 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat Perguruan Tinggi httprepository.ung.ac.id.pdf (pp. 1–9). (2010). Diakses pada tanggal 18-1-2020 dari http://repository.ung.ac.id.pdf
  14. Sinaga, S. Y. (2018). Penggunaan Aplikasi Turnitin Sebagai Sarana Cek Plagiarisme dalam Layanan Perpustakaan Universitas Ukrida. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 123–131. https://doi. org/10.17977/um008v2i22018p123
  15. Spiteri, D., Grima, G., PaulBartolo, P., Galea, S., Gatt, S., Gatt, I., & Portelli, T. (2007). How to avoid plagiarism. University of Malta. Diakses pada tanggal 2-3-2020 dari www. um.edu.mt
  16. Suryana, E. (2016). Self Efficacy Dan Plagiarisme Di derguruan Tinggi. Tadrib: Jurnal Pendi¬dikan Agama Islam, 2(2), 214–237. Diakses pada tanggal 12-3-2020 dari jurnal.raden¬fatah.ac.id
  17. Zalnur, M. (2012). Plagiarisme Di Kalangan Mahasiswa Dalam Membuat Tugas-Tugas Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Iain Imam Bonjol Padang. AL-Ta Lim, 19, 55. https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.6