Main Article Content

Abstract

Abstrak

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam kegiatannya tentu menghasilkan arsip. Layaknya lembaga pendidikan pada umumnya, pengelolaan arsip pesantren dilakukan dengan cara menciptakan, menata, menyimpan, memelihara, mengamankan, menyelamatkan sekaligus menyusutkan arsip-arsip pondok pesantren. Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Bantul, Pondok Pesantren Darul Mukhlishin juga melakukan pengelolaan arsip tersebut. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan observasi. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan arsip di Pondok Pesantren Darul Mukhlishin Bantul sudah baik namun belum maksimal. Yang menjadi catatan dalam hal ini adalah minimnya SDM yang khusus mengurusi bidang kearsipan serta infrastruktur penyimpanan arsip yang masih belum lengkap. Kedua hal ini menjadi tantangan atas pengelolaan arsip yang lebih baik di Pondok Pesantren.

Kata Kunci: Arsip, Pengelolaan Arsip, Arsip Pondok Pesantren

Keywords

Pengelolaan Arsip Arsip Pondok Pesantren Arsip

Article Details

References

  1. Abu Hamid. Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sulawesi Selatan, dalam, Taufik Abduilah (Ed.). Agama dan perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Press, 1983.
  2. Abuddin, Nata. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2001.
  3. Amsyah, Zulkifli. Manajemen Kearsipan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2005.
  4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
  5. Barthos, Basir. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
  6. Berg, C.C. Indonesia: Whiter Islam. London: Victor Gollanca Ltd, 1932.
  7. Mundir. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jember: Stain Jember Press, 2013.
  8. Sattar. Manajemen Kearsipan. Sleman: Deepublish, 2019.
  9. Soegarda Poerbakawaba. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1976.
  10. Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
  11. Umar, Nasaruddin. Rethinking Pesantren. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
  12. Yanti, Selfia Hardi. Manajemen Kearsipan Pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, 2019
  13. Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta:LP3ES, 1985.
  14. Hastuti, Legiyani. “Pengelolaan Arsip Dinamis di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Klaten”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 6 No. 4 (2017).
  15. Masud, Ali. “Eksistensi Pondok Pesantren dalam Memperkuat Literasi Islam di Era Globalisasi”. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Volume 01 No. 01 Mei 2019.
  16. Matsuki HS. Akselerasi Wajar Dikdas Melalui Pesantren, Makalah disampaikan pada Acara Orientasi Pengembangan Manajemen dan Program Wajar Dikdas PP Salafiyah di PUSGRAFIN, Srengseng Sawah, 5-9 Juli 2003.
  17. Putri, Desi. “Pengelolaan Arsip di Kantor Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kota Padang”. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Tahun 2018.
  18. Sari, Tri Rama, dkk. “Manajemen Pengelolaan Arsip Dinamis di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Kota Palembang”. Jurnal Iqra’ Volume 13 No. 2 Oktober 2019.
  19. Wirasto, Kridho. “Menyelamatkan Arsip Pondok Pesantren”. Dalam www.surabaya.tribunnnews.com. Diakses pada 21 Juni 2020.